Kurang Sehat? Racik Sup Telur Kaya Nutrisi Ini Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 17 Des 2019 05:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kondisi tubuh cenderung turun saat perubahan cuaca. Saat sedang meriang, sarapan sup telur kaya nutrisi ini bisa membuat tubuh lebih bugar.

Sup ayam digolongkan semakan 'comfort food' yang kaya nutrisi dan cocok dikonsumsi saat flu. Selain mudah dicerna, rasa hangat dan gurihnya sangat menenangkan perut dan tenggorokan. Jika tubuh kurang sehat ada baiknya konsumsi makanan yang bernutrisi prima dan mudah diserap tubuh.

Sup Telur gaya China bisa jadi pilihan pas buat sarapan. Selain hangat, gurih dan teksturnya lembut sup ini juga kaya nutrisi. Campuran telur, cream jagung memberi asupan nutrisi berupa protein, serat dan karbohidrat serta sejumlah vitamin dan mineral.

Untuk membuat sup telur ini juga cukup mudah. Sebaiknya gunakan kaldu ayam kampun asli yang kaya nutrisi. Selain rasanya gurih alami juga mudah dicerna tubuh. Membuatnya juga mudah. Cocok disantap hangat dengan roti panggang atau dinner roll.



Ikuti langkah praktis ini untuk membuat sup telur gaya China ini.

1. Kaldu dan cream corn

Dua bahan penting yang harus disiapkan adalah kaldu ayam alami. Bisa dari ayam negeri atau ayam kampung. Kaldu ini akan memberi rasa gurih umami yang sangat enak. Siapakan 500 ml kaldu ayam untuk 2 mangkuk sup.

Bahan lainnya adalah cream corn kalengan, siapkan sekitar 4 sdm cream corn. Sementara bahan lain berupa 1 butir telur ayam, 1/2 sdt merica bubuk, 1 sdt garam dan 1/2 sdt minyak wijen.

Kurang Sehat? Racik Sup Telur Kaya Nutrisi Ini Buat SarapanFoto: iStock


2. Masak sup

Tumis 1 siung bawang putih cincang dengan 1 sdm minyak sayur hingga kuning keemasan. Tuangi 500 ml kaldu ayam asli lalu masak dengan api kecil hingga mendidih.

Tambahkan cream corn lalu aduk rata. Tambahkan garam, merica, minyak wijen, aduk hingga mendidih. Jaga agar api tetap sedang atau kecil agar kaldu tidak keruh.

Kurang Sehat? Racik Sup Telur Kaya Nutrisi Ini Buat SarapanFoto: iStock


3. Tambahakn telur

Kocok telur hingga berbuih dan tercampur rata dan berbuih tipis. Tuangkan telur dengan mengangkat mangkuknya agak tinggi dari panci. Kucurkan telur perlahan sambil aduk-aduk sup hingga telur berserabut halus.

Didihkan kembali sambil aduk-aduk hingga mendidih. Taburi dengan daun bawang lalu angkat. Sajikan hangat dengan roti panggang atau dinner rolls.



Simak Video "Resep Sop Kaki Gurih Sedap"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)