Sluurp! Manis Segar Es Puter Pantura ala Probolinggo

M Rofiq - detikFood Senin, 16 Des 2019 15:00 WIB
Foto: M Rofiq/detikcom
Kabupaten Probolinggo - Siapa yang bisa menolak es puter? Dessert dingin ini rasanya manis dingin dan diracik dari bahan segar dengan aneka topping. Dijamin ketagihan!

Seperti Es Krim, Es Puter merupakan pencuci mulut, yang disukai kalangan anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Dan di Kabupaten Probolinggo, ada sajian es puter yang unik dan digemari banyak orang.

Es puter ini dijual di sebuah kedai di tepian Jalur Pantura, Kabupaten Probolinggo. Namanya "Es Puter Kedai Pak Cuk", yang berlokasi di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan.


Sluurp! Manis Segar Es Puter Pantura ala ProbolinggoFoto: M Rofiq/detikcom


Perbedaan es puter ini dengan yang lain, terletak pada cara pembuatannya. Mereka memakai mesin bor, saat membuat adonan. Pemilik kedai sengaja menggunakannya setiap kali membuat adonan es puter, agar proses produksi menjadi lebih cepat.

Kedai yang dibuka sejak tahun 2018 ini, kini menjadi salah satu destinasi para penggemar es puter. Di Kedai Pak Cuk, kamu bisa menikmati es puter dengan 7 varian rasa berbeda. Mulai rasa durian, strawberry, jeruk, alpukat, cokelat, kacang hijau dan kelapa muda.

Subandi (43), pemilik kedai mengatakan, membuat adonan es puter menggunakan mesin bor, lebih cepat prosesnya dibanding blender. Biasanya memakan waktu sampai 60 menit, menggunakan mesin bor bisa selesai 30 menit saja.

Tiap adonan es puter selalu dikerjakan pada malam hari. Agar keesokan harinya, sudah siap untuk dijual. Untuk bahan-bahan membuat es puter sendiri sama dengan es puter lainnya.

Sluurp! Manis Segar Es Puter Pantura ala ProbolinggoFoto: M Rofiq/detikcom


"Untuk bahannya sama dengan es puter lainnya, seperti menggunakan santan, tepung mizena, gula, garam, es batu dan lainnya. Agar sajian es puter semakin bervariasi, saya tambahkan juga rumput laut, jelly bubuk dan kacang di tiap sajian es puter," terang pria yang akrab disapa Pak Cuk ini pada detikcom, Sabtu 14/12/2019

Dari penjualan es puternya tersebut, Subandi menyebut, tak kurang 50 cup es puter terjual setiap harinya. Dan hari libur, bisa mencapai 80 cup seharinya. Untuk harganya setiap cup es puter dijual seharga Rp 5 ribu.

"Es Puter paling laris yang rasa durian dan alpukat. Katanya sih rasanya lebih enak saja, ketimbang rasa yang lainnya," tandasnya.

Kalau kamu tertarik membeli es puter tersebut, kamu bisa mendatangi kedai Pak Cuk, yang dibuka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Selain meredam rasa haus es puter Pak Cuk enaknya memang nagih apalagi harganya ramah di kantong.



Simak Video "Bikin Laper: Ragam Bakmi Pedas Berpenampilan Memesona"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)