Viral Minum Infused Water Pakai Kembang 7 Rupa, Anti Pelet?

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 14 Des 2019 12:15 WIB
Foto: Twitter @FOODFESS2
Jakarta - Jika biasanya infused water identik sebagai minuman kesehatan dari campuran buah-buahan. Kini viral infused water dengan isian kembang 7 rupa yang bikin geger.

Lewat akun Twitter @FOODFESS2, banyak netizen yang mengirimkan foto makanan, minuman, hingga pertanyaan yang berhubungan dengan dunia kuliner. Di antara barisan makanan dan minuman ke kinian, ada seorang netizen atau 'sender' yang tidak diketahui namanya ini, mengirimkan foto segelas infused water yang tengah diminumnya.

Baca Juga: 11 Resep Infused Water Sederhana yang Sehat dan Menyegarkan

Viral Minum Infused Water Pakai Kembang 7 Rupa, Anti Pelet?Foto: Twitter @FOODFESS2


"Gara-gara nolak cowo, sekarang infused water gua beginian. Rasanya aneh banget, berasa wangi luar-dalem," tulisnya lewat @FOODFESS2 (13/12), lengkap dengan foto segelas air berisi irisan beberapa bunga, yang kerap dijual di sekitar area pemakaman umum hingga pasar-pasar tradisional.

Rupanya, sender yang satu ini memilih untuk memasukkan bunga atau kembang 7 rupa. Di mana ia menggabungkan bunga mawar putih, mawar merah, kanthil, hingga bunga melati ke dalam minumannya.

Infused water sendiri merupakan minuman kesehatan yang terbuat dari air mineral, ditambah dengan irisan buah yang kemudian disimpan dalam wadah tertutup. Tren infused water sudah ada cukup lama, minuman ini banyak digunakan orang sebagai pengganti air putih.

Untuk manfaatnya sendiri infused water dipercaya dapat mendetoks tubuh, atau membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Lalu memperlancar sistem metabolisme tubuh, anti penuaan, hingga membantu menurunkan berat badan. Sehingga infused water populer di kalangan orang-orang yang tengah berdiet.

Tapi kalau infused water dengan kembang 7 rupa, tentunya dianggap memiliki khasiat yang berbeda. Bagi sebagian orang, infused water dari kembang-kembang ini dipercaya bisa menjadi penangkal untuk masalah-masalah yang berhubungan dengan dunia klenik.

Viral Minum Infused Water Pakai Kembang 7 Rupa, Anti Pelet?Foto: iStock


Karena hal ini lah, tweet ini pun langsung menarik perhatian banyak orang dan viral. Kembang 7 rupa yang sering dikaitkan dengan hal-hal mistis dan klenik, membuat banyak netizen merasa ngeri, hingga bertanya-tanya mengapa sender ini meminum air dari kembang 7 rupa setelah menolak pernyataan cinta seorang pria.

"Mungkin (pria) yang ditolak dendam, jadi ngasih pelet, yang menyebabkan ini si mba (sender) jadi suka makan bunga. Bodo amat, gue ngasal," komen salah satu netizen.

Sementara netizen lainnya justru bergurau bahwa infused water dengan aneka kembang ini bisa jadi tren minuman kekinian di tahun 2020, dan menggeser tren boba yang sedang hits.

"Nah, ini kamu kalau kencing, baunya jadi bau kuburan," gurau netizen.

"Setan-setan penghuni toilet langsung berasa di kampung halaman," canda netizen lainnya.

Beberapa netizen pun kompak menyebut minuman infused water dari kembang ini, sebagai minuman anti pelet dan anti santet. Meski begitu, banyak juga netizen yang beranggapan bahwa konsumsi atau meminum air rendaman bunga, tidak ada hubungannya dengan klenik dan mistis sama sekali.

"Gak ada yang salah kok minum kembang. Lagian kembang banyak khasiatnya," ucap netizen lainnya.

Viral Minum Infused Water Pakai Kembang 7 Rupa, Anti Pelet?Foto: Twitter @FOODFESS2


Konsumsi kembang sendiri bukan hal yang baru di Indonesia. Meski sering dikaitkan dengan berbagai mitos dan kepercayaan yang ada, banyak minuman tradisional yang menggunakan kembang sebagai bahan utamanya.

Seperti minuman kembang parem, minuman tradisional dari Jawa Timur, yang menggunakan bunga mawar, kenanga, kanthil, daun pandan, kunyit tumbuk hingga jeruk nipis.

Hingga saat ini cuitan mengenai infused water dari kembang, mendapatkan lebih dari 6600 likes, di retweet 1600 kali, dan mendapatkan balasan lebih dari 1445 kali dari pengguna Twitter lainnya.

Baca Juga: 7 Resep Infused Water untuk yang Malas Minum Air Putih

Simak Video "Nyam! Kreasikan Isi Burgermu Sendiri di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)