Slurrp! Suga BTS Bagikan Resep Bikin Kimchi Jjigae dan Kimchi Ramyun

Riska Fitria - detikFood Kamis, 12 Des 2019 11:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Tak hanya berbakat dalam tarik suara. Personil boyband Korea BTS yang dikenal dengan nama Suga ternyata juga jago memasak. Ia bisa membuat kimchi dengan dua varian.

Siapa yang tak kenal BTS? boyband asal Korea tersebut banyak digandrungi penggemar wanita dari seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Mereka tak hanya disibukkan dengan jadwal manggung, tetapi juga dengan sebuah program yang berjudul Bon Voyage.

Program tersebut akan memperlihatkan kegiatan dari semua personil BTS. Dalam episode terbarunya, Bon Voyage menampilkan aksi salah satu personil BTS yang jago memasak. Ia adalah Min Yoon-gi atau yang akrab dipanggil Suga.
Slurrp! Suga BTS Bagikan Resep Bikin Kimchi Jjigae dan Kimchi RamyunFoto: Big Hit Entertainment / BTS Official Website

Tak disangka, ternyata pria kelahiran 9 Maret 1993 bisa membuat makanan khas Korea, yaitu kimchi. Ada dua varian kimchi yang dibuat Suga, yaitu kimchi jjigae dan kimchi ramyun untuk disajikan kepada teman-teman BTS lainnya. Di program tersebut ia juga membagikan resep dan cara pembuatan kimchi.

Bahan-bahan yang digunakan adalah daging babi, kimchi, kimchi brine, bawang merah, bawang hijau, dan bawang putih yang dicincang. Dilansir dari Koreaboo (12/12) Suga menggunakan kimchi dari merek Chongga Mat Kimchi.

Baca Juga : Resmi Jadi Pria Tertampan di Dunia 2019, Jin 'BTS' Paling Doyan Makan

Langkah pertama yang dilakukan oleh Suga adalah dengan merebus daging babi yang sudah dipotong-potong ke dalam rebusan air untuk mendapatkan kaldu. Suga mengatakan bahwa semakin banyak daging yang digunakan akan semakin menghasilkan kaldu yang nantinya membuat masakan menjadi gurih.
Slurrp! Suga BTS Bagikan Resep Bikin Kimchi Jjigae dan Kimchi RamyunFoto: Istimewa

Setelah daging sudah dirasa matang, rebus kembali dengan air yang baru. Baru kemudian tambahkan kimchi ke dalam rebusan tersebut bercampur dengan daging. Pada tahap ini, Suga menyarankan untuk menambahkan kimchi brine untuk memperkaya rasa. Namun, jangan terlalu banyak karena bisa mengubah rasa jika berlebihan.

Saat rebusan tadi mulai mendidih, tambahkan bumbu seperti potongan bawang merah, bawang hijau, dan sedikit bawang putih. Suga juga menjelaskan bahwa campuran bawang akan meningkatkan rasa. Menurut Suga, hidangan ini juga bisa dikreasikan sesuai selera.

"Ini bisa ditambahkan dengan potongan tahu. Atau kalau kamu sudah pedas, janga ragu untuk menambahkan cabai ke dalam rebusan," ujar Suga.
Slurrp! Suga BTS Bagikan Resep Bikin Kimchi Jjigae dan Kimchi RamyunFoto: Istimewa

Kemudian, tambahkan gula sebelum akhirnya mendidih. Ketika sudah mendidih barulah kimchi jjigae dapat disajikan untuk disantap bersama-sama. Keahlian memasak Suga tidak hanya sampai itu, ketika kimchi jjigae sudah habis, tetapi kaldu masih banyak langsung dimanfaatkan oleh Suga untuk membuat makanan baru yaitu kimchi ramyun.

Untuk membuat kimchi ramyun, Suga menggunakan mie dari paket ramyun instan dan beberapa potongan sosis hotdog. Rebus campuran tersebut dengan kuah kaldu yang tadi sampai benar-benar matang. Setelah itu, kimchi ramyun siap disantap.

Keahlian memasak Suga ini diakui oleh teman-teman lainnya di grup BTS. Bahkan mereka langsung melahap habis masakan buataan Suga terebut

Baca Juga : Aksi Jungkook Goda Member BTS dengan Hot Dog Ini Bikin Penggemar Ngiler!

Simak Video "Bikin Laper: Sumsum Kambing dan Gulai Urat Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)