Yuk, Bikin Omelet Gulung Jepang yang Lembut Buat Sarapan!

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 12 Des 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bosan dengan omelet biasa? Kamu bisa bikin omelet gulung gaya Jepang. Bagian luarnya kering tapi bagian dalamnya lembut, gurih dan enak dimakan hangat dengan nasi.

Tamagoyaki atau omelet gulung Jepang biasa disajikan di restoran sebagai menu pelengkap atau dijadikan topping sushi. Dibandingkan dengan omelet biasa, omelet gulung ini lebih lembap dan sedikit manis rasanya.

Keunikan omelet gulung Jepang ini dibuat memakai wajan berbentuk segi empat panjang. Ini tujuannya agar bentuk omelet gulung menjadi segi empat panjang dan mudah untuk dipotong-potong. Tetapi dengan wajan bundar kamu juga tetap bisa bikin omelet yang lembut dan gurih ini.



Selain polos, omelet ini bisa diberi isian cincangan paprika, jamur atau daun bawang. Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkah mudah ini.

1. Telur dan bahan lain

Untuk membuat satu gulung omelet ini, siapkan 4 butir telur ayam, 1 sdm soy sauce, 1 sdt gula pasir dan 1 sdt garam. Jika ingin praktis bisa dipakai 1 sdm kecap manis saja, tanpa tambahan gula lagi. Jika suka bisa ditambahkan merica bubuk,

Sebagai isiannya siapkan 1 sdm paprika merah atau cabai merah yang dicincang halus dan 1 sdm daun bawang yang dicincang halus.

Yuk, Bikin Omelet Gulung Jepang yang Lembut Buat Sarapan!Foto: Today/iStock


2. Kocok telur

Kocok telur dengan garpu atau sumpit hingga berbuih halus. Masukkan bahan lainnya dan aduk hingga seluruhnya tercampur rata. Kalau suka rasa gurih yang kuat bisa ditambahkan sedikit kaldu ayam bubuk.

Yuk, Bikin Omelet Gulung Jepang yang Lembut Buat Sarapan!Foto: iStock


3. Memasak omelet

Siapkan wajan bundar 22 cm atau wajan segi empat khusus untuk tamagoyaki. Panaskan di atas api kecil. Tuangkan 1 sdm minyak lalu tuangkan 1 sendok sayur telur kocok dan ratakan. Biarkan hingga bagian pinggir telur membeku.

Gulung telur yang masih basah permukaannya lalu taruh di sisi wajan. Tambahkan telur kocok lagi dan jika sudah mulai beku, gulung kembali. Ulangi proses ini berulang hingga omelet padat tetapi tidak terlalu kering. Angkat.

Diamkan beberapa saat hingga omelet dingin. Potong-potong melintang 2 cm. Sajikan hangat.



Simak Video "Resep Omelet Keju Panggang"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)