Nasi Goreng Ikan Pindang yang Gurih Sedap Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 11 Des 2019 05:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Nasi goreng yang satu ini rasanya gurih segar karena memakai daun jeruk. Ditambah lagi dengan topping ikan pindang yang gurih dan kaya nutrisi. Ayo, sarapan!

Nasi goreng paling gampang dibuat dan kaya variasi. Apapun yang tersisa di lemari es dan dapur bisa diolah jadi nasi goreng sedap. Kalau bosan dengan nasi goreng dengan paduan cabai merah, bisa dicoba nasi goreng berbumbu daun jeruk ini.

Sementara untuk lauknya bisa dipakai ikan goreng atau ikan pindang. Ikan pindang goreng yang tersisa bisa diolah jadi paduan nasi goreng. Atau ikan selar atau ikan kembung goreng juga bisa dipakai sebagai campuran nasi goreng. Ikan yang kaya akan asam lemak omega3 dan protein bisa jadi asupan yang menyehatkan.



Untuk membuat nasi goreng ikan pindang ini ikuti saja beberapa langkah praktisnya berikut ini.

1. Siapkan ikan

Selain ikan pindang bisa dipakai ikan segar. Goreng ikan hingga matang dan kering. Untuk ikan pindang sebaiknya buang kepla dan isi perutnya. Goreng jangan terlalu kering karena dagingnya akan alot atau keras.

Tiriskan ikan, buang tulang dan durinya dan suwir kasar dagingnya. Jika suka sebagian daging ikan bisa disuwir halus untuk dicampurkan dalam nasi goreng. Sisihkan bagian yang utuh sebagai toppingnya.

Nasi Goreng Ikan Pindang yang Gurih Sedap Buat SarapanFoto: iStock


2. Bumbu

Siapkan 2 piring nasi untuk membuat nasi goreng ini. Untuk bumbunya, haluskan 2 siung bawang putih dan 1 lembar daun jeruk purut, 1/2 sdt terasi udang serta 1 sdt garam. Bahan lainnya yang perlu disiapkan, 3 buah cabai rawit merah yang diiris halus, dan 1 daun jeruk purut yang diiris halus.

Nasi Goreng Ikan Pindang yang Gurih Sedap Buat SarapanFoto: iStock


3. Masak nasi

Panaskan 2 sdm minyak sayur, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Tambahkan 2 sdm suwiran daging ikan pindang, irisan cabai rawit dan irisan halus daun jeruk, aduk rata. Masukkan nasi putih, aduk-aduk hingga tercampur rata.

Angkat nasi goreng, sajikan dengan ikan pindang goreng sebagai toppingnya. Nasi goreng ini enak dimakan dengan mentimun dan selada sebagai pelengkap yang menyegarkan.



Simak Video "Wow! Makan Nasi Goreng Jumbo Seharga Rp 1,7 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)