Empuk Gurih Omelet Terung Khas Filipina yang Enak Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 10 Des 2019 05:30 WIB
Foto: panlasangponoy.com Foto: panlasangponoy.com
Jakarta - Omelet terung khas Filipina ini mudah disiapkan. Rasanya gurih juicy dengan bagian luar yang renyah. Enak dimakan dengan nasi putih untuk sarapan.

Sebagian orang bilang terung bikin loyo. Padahal sayuran bernama Latin Solanum melongena ini berasal dari Asia. Meskipun kini sudah tersebar hampir di seluruh dunia. Disukai karena teksturnya yang empuk juicy.

Selain karbohidrat dan serat, terung juga mengandung sejumlah vitamin penting seperti vitamin A,D,K, E dan B. Selain itu juga mengandung zat besi, kalsium, mangan, fosfor, potassium dan seng. Karenanya sayuran ini baik dikonsumsi rutin terutama bagi penderita anemia.

Di Filipina dikenal dengan nama Tortang Talong atau Omelet Terung. Yang hanya memakai bahan sederhana, terung dan telur ayam. Untuk terungnya bisa terung ungu atau terung hijau. Berikut ini langkah pembuatan Omelet Terung Khas Filipina.


Empuk Gurih Omelet Terung Khas Filipina yang Enak Buat SarapanFoto: iStock


1. Siapkan terung

Terung ungu berukuran sedang atau besar bisa jadi pilihan. Siapkan 1 buah terung ungu ukuran sedang. Jika ukuran agak gendut sebaiknya belah jadi dua terung ini dan kerat-kerat permukaan belahannya. Jika terung agak kecil, biarkan utuh, tusuki terung dengan garpu.

Panggang terung dalam oven atau bara api kompor hingga layu dan agak lembek. Keruk isi daging terung dan cincang dengan garpu. Sisihkan.

2. Kocok telur

Pecahkan 3 butir telur dalam wadah, kocok hingga bebruih halus. Tambahkan 1/2 sdt merica bubuk, 1/2 sdt bawang putih bubuk dan 1/2 sdt garam. Kocok rata lalu tambahkan terung lumat, aduk rata.

Empuk Gurih Omelet Terung Khas Filipina yang Enak Buat SarapanFoto: iStock


3. Masak omelet

Panaskan wajan ukuran sedang di atas api sedang. Tuangkan adonan telur dan terung, ratakan. Masak dengan api kecil hingga seluruh bagian bawah omelet agak kering kecokelatan.

Balikkan omelet dan masak lagi hingga sisi yang lainnya matang. Omeley akan renyah kecokelatan di bagian luar tetapi lembut juicy di bagian dalam. Sajikan hangat sebagai menu sarapan sehat bersama saus tomat, saus sambal atau mayonnaise.






Simak Video "Resep Omelet Keju Panggang"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)