7 Makanan Khas Purwokerto yang Sayang Dilewatkan

Puti Yasmin - detikFood Senin, 09 Des 2019 11:00 WIB
7 Makanan Khas Purwokerto yang Sayang Dilewatkan/Foto: Istimewa 7 Makanan Khas Purwokerto yang Sayang Dilewatkan/Foto: Istimewa
Jakarta - Purwokerto dikenal memiliki beragam kuliner yang lezat. Nah, ada makanan khas Purwokerto yang wajib kamu coba. Apa saja?

Purwokerto merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Berkunjung ke kota ini beramai-ramai merupakan waktu yang pas untuk menikmati kuliner Purwokerto. Dari sarapan hingga makan malam ada beragam jajanan yang bisa dinikmati di Purwokerto.



Bukan hanya tempe keripik yang gurih dan renyah khas Purikerto, ada banyak makanan khas Purwokerto yang bisa kamu nikmati saya melintas atau ada di kota yang selalu ramai ini. Berikut ini beberapa makanan khas Purwokerto yang wajib dicicipi karena keunikannya.

1. Soto Sokaraja

Makanan yang harus dicoba di Purwokerto adalah soto Sokaraja Purwokerto. Soto ini diracik dengan suwiran daging ayam atau daging sapi. Kaldunya bening dengan paduan tauge dan suun. Yang unik soto ini disajikan dengan sambal kacang dan kerupuk kanji merah sebagai taburan. Enak dimakan hangat dengan lontong atau ketupat. Banyak penjual makanan khas Purwokerto yang biasa dinikmati pagi hingga siang hari ini.

2. Tempe Mendoan

Siapa yang tak tahu dengan tempe mendoan? Makanan yang bisa populer di berbagai kota di pulau Jawa ini ternyata makanan khas Purwokerto. Tempenya ripis lebar yang dibuat khusus untuk tempe mendoan. Sesuai dengan namanya 'mendo' artinya setengah matang. Disajikan hangat dengan sambal kecap manis. Karena harganya murah, makanan khas Purwokerto ini mudah ditemui di jalan-jalan Purwokerto.

3. Bakmi Nyemek

Disebut dengan bakmi nyemek karena kuah bakmi becek atau tak terlalu banyak. Bakmi disajikan dengan telur, potongan bakso, kol, tomat, daging ayam, rempela, dan hati ayam. Sekilas mirip dengan bakmi godok khas Jawa. Banyak penjual yang masih memakai api arang dan kayu untuk memasak bakmi ini.

4. Tegean

Bila berkesempatan menikmati kuliner di rumah makan tradisional di Purwokerto, coba nikmati Tegean. Makanan ini merupakan sup sayur kuah bening dengan bayam, daun katuk, kecambah, kedelai hitam, wortel, dan jagung. Nasi disiram sup sayuran ini enak dimakan hangat, dikenal sebagai nasi sup atau sego sop.



5. Buntil

Makanan khas Purwokerto lainnya adalah Buntil. Dibuat dari kelapa muda yang diparut dan diberi bumbu yang gurih pedas. Kemudian dibungkus dengan daun talas atau daun singkong dan dikukus hingga lembut. Rasanya pedas gurih dan bikin nagih.

6. Kraca

Kraca adalah makanan unik khas Purwokerto. Kalau di Semarang keong sawah diolah jadi sate keong maka di Purwokerto diolah dengan kuah gurih. Daging kenyal keong direndam kuah yang gurih enak.

7. Kluban

Makanan khas Purwokerto terakhir adalah Kluban. Kalau di beberapa daerah dikenal dengan sebutan urap sayuran. Jenis sayuran yang dipilih bisa sesuai selera. Daun bayam, daun kangkung, daun kenikir, tauge, kacang panjang dan lainnya. Diaduk dengan kelapa parut setengah tua yang diberi bumbu cabai. Disajikan segar dan gurih.

Simak Video "Bikin Harimu Lebih Semangat dengan Nasi Daun Jeruk Fiesta Karage!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)