Semangat! Bocah SMP Ini Keliling Jualan Karak Untuk Biayai Sekolah

Devi Setya - detikFood Minggu, 08 Des 2019 15:00 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Teguran keras bagi anak-anak yang bisa sekolah dengan biaya cukup. Di Solo, ada bocah yang harus keliling jualan karak demi biaya sekolah.

Seorang bocah bernama Rizky Adi Saputra asal Sukoharjo setiap harinya harus keliling berjualan karak. Karak adalah kerupuk asal Solo yang terbuat dari beras. Di Solo dan beberapa daerah di Jawa Tengah, karak ini cukup populer jadi camilan.

Dikutip dari unggahan instagram @rhadyan_s, bocah lelaki berusia 13 tahun ini duduk di bangku SMP. Rizky mengatakan sudah terbiasa berjualan karak sejak masih kelas 5 SD.

"Saya jualan karak ini inisiatif sendiri. Nanti uangnya untuk biaya kuliah," kata Rizky.
Semangat! Bocah SMP Ini Keliling Jualan Karak Untuk Biayai Sekolah Foto: istimewa

Baca juga : Bocah SD Ini Viral Karena Jualan Cilok Sambil Sekolah

Rizky sama sekali tak pernah mengeluh karena berjualan karak setiap pulang sekolah. Namun bukan berarti jalannya selalu lancar. Ada kalanya karak yang dibawa Rizky tidak laku terjual.

Beberapa teman yang mengetahui ia berjualan karak juga kadang mengejeknya. "Ada teman juga yang mengejek karena saya jualan karak," tambah Rizky.
Semangat! Bocah SMP Ini Keliling Jualan Karak Untuk Biayai Sekolah Foto: istimewa

Ejekan tersebut tidak membuat Rizky patah semangat. Ia tak pernah malu karena menganggap apa yang dikerjakannya ini adalah pekerjaan halal. Apalagi niatnya mulia untuk membantu meringankan ekonomi keluarga dan menambah tabungan untuk mengejar cita-cita.

Rizky adalah anak ketiga dari pasangan Sudibyo dan Anita Harahap. Siswa yang kini duduk di kelas 8 SMP Muhammadiyah Mojolaban, Sukoharjo ini mengatakan ingin sekolah yang tinggi agar bisa mencapai cita-citanya menjadi arsitek.

Baca juga : 5 Bocah Ini Rela Berjualan Cilok hingga Sayuran Demi Hidupi Keluarga

Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Sego Uduk Karak"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)