Bolu Gulung Spesial

Kreasi Unik Bolu Gulung, Ada Motif Badai hingga Batik Tradisional

Devi Setya - detikFood Sabtu, 07 Des 2019 17:00 WIB
Foto: Instagram
FOKUS BERITA Bolu Gulung Spesial
Jakarta - Bolu gulung klasik biasanya tidak memiliki banyak varian motif. Tapi kini bolu gulung banyak dikreasikan dengan motif cantik seperti karya seni.

Bolu gulung yang lembut dengan isian krim atau selai manis memang cocok jadi teman santai sambil minum teh sore. Tapi sekarang bolu gulung bukan hanya mengandalkan rasanya yang enak tapi juga tampilannya yang dibuat cantik dan menarik.

Bolu gulung aneka motif ini bahkan pernah menjadi tren kuliner yang diburu para foodies. Ada bolu gulung bercorak batik khas Indonesia, bolu gulung dengan motif badai hingga bolu gulung cantik dengan lukisan karakter kartun.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kreasi bolu gulung dengan aneka motif cantik yang menggoda.

1. Bolu gulung batik
Kreasi Unik Bolu Gulung, Ada Motif Badai hingga Batik TradisionalFoto: istimewa/batikrolls

Bolu gulung batik terinspirasi dari motif kain lukis khas Indonesia. Untuk membuat bolu gulung ini harus menyiapkan kertas bermotif batik untuk melukis permukaan bolu agar motifnya tampil lebih nyata.

Manfaatkan plastik segitiga untuk melukis motif batik agar hasilnya rapi. Bolu gulung motif batik ini juga harus menggunakan beberapa adonan berwarna. Adonan motif lukisan harus berbeda warna dengan adonan utama bolu.

Baca juga : Bolu Gulung Berbagai Varian Ada di 5 Tempat Ini

2. Bolu gulung pelangi
Kreasi Unik Bolu Gulung, Ada Motif Badai hingga Batik TradisionalFoto: istimewa

Bolu gulung pelangi juga bisa jadi pilihan menarik. Untuk membuat bolu gulung pelangi, Anda harus membagi adonan menjadi beberapa bagian untuk diberi tambahan pewarna makanan.

Adonan yang sudah warna-warni ini kemudian dituang secara selang seling di atas loyang. Bolu bisa langsung dipanggang hingga matang. Warna-warni yang cantik membuat bolu gulung ini tak perlu dihias lagi.

3. Bolu gulung karakter
Kreasi Unik Bolu Gulung, Ada Motif Badai hingga Batik TradisionalFoto: istimewa

Bolu gulung ini awalnya hits di Jepang. Berbagai motif kartun menggemaskan hadir di atas permukaan bolu gulung. Gambar menggemaskan ini juga makin menarik karena hadir dengan paduan warna yang cantik.

Untuk bisa membuat bolu gulung karakter ini biasanya mengandalkan gambar yang diletakkan di bagian permukaan bawah loyang. Gambar kartun dilukis mengikuti pola yang ada. Gambarnya juga beragam mulai gambar Doraemon, Hello Kitty, Minnions hingga aneka karakter princess yang cantik.

4. Bolu gulung badai
Kreasi Unik Bolu Gulung, Ada Motif Badai hingga Batik TradisionalFoto: istimewa/linagui.kitchen

Bolu gulung badai ini dikenal dengan sebutan hurricane roll cake. Nama bolu gulung ini disematkan karena tampilannya yang mirip badai tropis hurricane.

Untuk membuat bolu gulung ini diperlukan dua adonan dengan warna berbeda. Setelah ditumpuk, adonan harus ditarik ke kanan dan kiri menggunakan ujung sendok. Lakukan secara perlahan lalu panggang bolu hingga matang.

Baca juga : Tak Perlu Repot, Beli Bolu Gulung Online Bisa di 5 Tempat Ini

5. Bolu gulung isi buah
Kreasi Unik Bolu Gulung, Ada Motif Badai hingga Batik TradisionalFoto: istimewa

Bolu gulung biasanya diberi isian krim atau selai manis. Tapi bolu gulung yang satu ini dilengkapi dengan isian aneka buah segar. Bolu gulung ini dikenal juga dengan sebutan fruit roll cake.

Buah-buahan yang dipakai juga bervarian mulai dari strawberry, blueberry, jeruk, peach dan aneka buah lainnya. Rasa bolu gulung ini perpaduan antara manis lembut bolu dan segarnya buah.

Simak Video "Kelezatan Bolu Gulung Lembut Tanpa Pengawet di Jakarta Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/dvs)
FOKUS BERITA Bolu Gulung Spesial