Waduh! Ada Bangkai Tikus Dalam Makanan, 10 Siswa di India Dilarikan ke Rumah Sakit

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 04 Des 2019 17:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Setelah menyantap makanan yang terdapat bangkai tikus di dalamnya. 10 siswa harus dilarikan ke rumah sakit, karena mengalami keracunan makanan dari penemuan tikus yang mengejutkan ini.

Keracunan makanan terjadi di salah satu sekolah negeri yang ada di wilayah Hapur, India. Pemerintah India memang sering membagikan makanan gratis untuk para siswa di sekolah. Saat itu, salah satu jasa makanan bernama NGO Jan Kalyan Sanstha Vikas Committee, menyiapkan makanan untuk siswa dari kelas 6 hingga kelas 8.

Baca Juga: Demi Makan Gratis di Kereta, Pria India Ini Masukkan Kadal ke Dalam Makanannya Sendiri
Waduh! Ada Bangkai Tikus Dalam Makanan, 10 Siswa di India Dilarikan ke Rumah SakitFoto: Istimewa

Dilansir dari Khaleej Times (04/12), saat itu para siswa menyantap hidangan dal, yang ternyata di dalam dal itu terdapat bangkai tikus yang sudah tercampur ke dalam makanan.

Selain siswa, ada seorang guru yang juga ikut menyantap makanan ini. Tak berapa lama setelah menyantap makanan dengan bangkai tikus tersebut, ada 10 siswa yang mulai merasakan sakit, dan muntah-muntah. Totalnya ada 10 siswa dan satu guru yang dirawat di rumah sakit karena keracunan makanan.

Menurut laporan yang ada, bangkai tikus ini ditemukan di dalam dasar panci, tempat di mana dal di masak. Ketika bangkai itu terlihat, sudah banyak siswa yang menyantap makanan yang dibagikan.

"Ketika bangkai tikus ditemukan, banyak siswa yang sudah selesai makanan itu, dan beberapa dari mereka mulai mengalami muntah-muntah," jelas salah satu siswa yang ada di sekolah itu.
Waduh! Ada Bangkai Tikus Dalam Makanan, 10 Siswa di India Dilarikan ke Rumah SakitFoto: Istimewa

"Pihak Jan Kalyan Sanstha Vikas Committee, dipercaya untuk mempersiapkan makan siang untuk apra siswa. Hari ini, ditemukan adanya tikus mati di dalam dal. Kami langsung berhenti membagikan makanan itu secepatnya. Namun, 9 orang siswa yang sudah memakan hidangan itu langsung dibawa ke rumah sakit," tutur Ram Sagar, salah satu kepala pendidikan lokal di sana.

Untungnya mereka semua mendapatkan penanganan cepat, dan semuanya diperbolehkan pulang tak lama setelah mendapatkan perawatan. Menanggapi hal ini, pemerintah berjanji akan menindak tegas jasa penyedia makanan untuk anak-anak sekolah di India.
Waduh! Ada Bangkai Tikus Dalam Makanan, 10 Siswa di India Dilarikan ke Rumah SakitFoto: Istimewa

Tikus sejak dulu dikenal sebagai hewan yang membawa penyakit, di dalamnya terdapat banyak bakteri yang membahayakan manusia. Pada tahun 2013 contohnya, seorang pria hampir saja kehilangan nyawanya setelah tak sengaja memakan daging kebab yang ternyata berasal dari daging tikus.

Di India sendiri, daging tikus cukup populer dan sering diolah menjadi makanan di beberapa wilayah tertentu. Salah satunya desa Kumarikata, Assam. Di mana daging tikus jadi bahan makanan yang populer, mengalahi daging ayam hingga kambing. Bahkan Satu kilogram daging tikus dihargai sebesar 200 rupee (Rp. 41.400,-). Harga ini setara dengan harga daging ayam dan babi di India.

Baca Juga: Tikus Jadi Camilan Sekaligus Bekal Makanan Murah di Kamboja

Simak Video "Cute Banget, Yakin Tega Makan Korean Flower Buttercream Ini?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)