Hangat Segar Nasi Goreng Thai Untuk Isi Energi Pagi Hari

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 05 Des 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Nasi goreng Thai rasanya gurih segar karena memakai paduan seafood dan telur. Ditambah sambal khas yang pedas segar rasanya makin mantap.

Hidangan Thailand umumnya memakai bahan-bahan dan rempah segar. Ini karena banyak bumbu segar dan bahan segar berkualitas bagus di negeri gajah putih ini. Selain tom yum, Thailand juga punya nasi goreng nanas dan seafood.

Meskipun tampilannya mirip, nasi goreng Thailand dan China berbeda bumbunya. Nasi goreng China dikenal dengan nama nasi goreng yang chouw, memakai kecap asin sebagai paduannya dan ditambah sosis. Sementara nasi goreng Thai, meskipun pakai telur dan seafood tidak memakai kecap. Tetapi disajikan dengan prik nam pla yang pedas, asin dan segar.

Umumnya nasi goreng Thailand disajikan dengan pendamping daun bawang, irisan mentimun dan tomat, taburan daun ketumbar serta irisan jeruk nipis. Sebelum disantap, nasi goreng dikucuri air jeruk nipis hingga rasanya lebih enak segar.



Mau bikin nasi goreng Thailand buat sarapan? Coba siapkan bahan-bahan yang sederhana dan ikuti langkah mudha membuatnya.

Hangat Segar Nasi Goreng Thai Untuk Isi Energi Pagi HariFoto: iStock


1. Nasi dan bahan lainnya

Siapkan 2 piring nasi putih, 2 butir telur ayam, 2 siung bawang putih cincang halus, 1 batang daun bawang iris kasar, 6 buah udang kupas ukuran sedang.

Sebagai bumbunya, siapkan 1 sdm saus ikan/kecap ikan, 1 sdm saus tiram, 1/2 sdt merica bubuk dan 1 sdt garam. Sebagai pelengkapnya siapkan irisan mentimun, tomat, daun bawang dan irisan jeruk nipis.

Hangat Segar Nasi Goreng Thai Untuk Isi Energi Pagi HariFoto: iStock


2. Campur nasi

Panaskan 3 sdm minyak dalam wajan di atas api sedang, tumis bawang putih hingga wangi. Masukkan daun bawang dan udang, aduk hingga berubah warna. Sisihkan di pinggir wajan.

Pecahkan telur dalam wajan, aduk cepat hingga berbutir halus. Masukkan nasi putih dan tambahan saus ikan, saus tiram, merica dan garam, aduk cepat hingga tercampur rata. Angkat.

Hangat Segar Nasi Goreng Thai Untuk Isi Energi Pagi HariFoto: iStock


3. Buat Prik Nam Pla

Saus dengan irisan cabai rawit ini merupakan pelengkap makan nasi goreng yang wajib. Untuk membuatnya, caranya mudah. Iris halus cabai rawit merah atau hijau, taruh dalam mangkuk. Tambahkan 150 ml saus ikan, 1 sdm air jeruk nipis dan sedikit gula. Aduk hingga semuanya larut. prik nam pla siap disajikan.



Simak Video "Andriyanto, 'Tukang Nasi Goreng' Asal Sragen yang Berjuang di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)