Mirip Kembang Kol, Ini Caulilini Sayuran Baru yang Sedang Tren

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 04 Des 2019 07:30 WIB
Foto: Ig @mannsfoodservice Foto: Ig @mannsfoodservice
Jakarta - Makin banyak penganut pola makan vegan membuat petani juga kreatif. Seperti memperkenalkan caulilini yang mirip kembang kol dan brokoli ini.

Dilihat selintas, caulilini mirip dengan kembang kol tetapi dengan kuntum yang tidak terlalu rapat. Atau bahkan terlihat seperti kuntum bunga. Sayuran ini mirip dengan broccolini atau brokoli mini yang lebih dulu populer.

Caulilini diproduksi oleh Mann's, produsen sayuran milik Del Monte yang ada di California, Amerika Serikat. Sayuran ini didiskripsikan sebagai 'baby cauliflower'. Tampilannya lebih menarik. Batangnya berwarna hijau muda panjang dengan kuntum yang renggang dengan warna putih susu.

Menurut Mann's sayuran ini tidak sepenuhnya baru karena sudah dikenal di negara-negara Asia. Seperti orang China menyebut sayuran ini sebagai 'song hua' kadang disebut sebagai 'kembang kol mekar.'


Mirip Kembang Kol, Ini Caulilini Sayuran Baru yang Sedang TrenFoto: IG @mannsfoodservice


Caulilini juga mengandung banyak nutrisi. Seperti serat, vitamin B6 dan C dan potassium. Kandungan nutrisi ini berkhaist untuk mengurangi peradangan dan mengandung phytochemical yang bisa mencegah kanker.

Untuk konsumsi seperti kembang kol, caulilini enak dipanggang, digoreng tepung seperti tempura atau diblansir dan dijadikan campuran salad. Bisa juga dihaluskan, dipadukan dengan kaldu dan krim sebagai sup krim yang enak menyehatkan.

Mirip Kembang Kol, Ini Caulilini Sayuran Baru yang Sedang TrenFoto: Ig @mannsfoodservice


Karena teksturnya tak sekeras kembang kol, caulilini lebih renyah dan lebih cepat lunak. Diharapkan caulilini bakal segera menyusul brocollini yang sudah lebih dulu populer. Beberapa restoran di Amerika mulai menyajikan sayuran ini sebagai varian baru yang menarik selera.



Simak Video "Sayuran-sayuran Ini Bisa Bantu Berat Badanmu Cepat Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)