Penyuka Pasta, Spaghetti Masak Telur Ini Enak Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 29 Nov 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Keluarga doyan banget pasta? Kamu bisa bikin spaghetti yang ditumis dengan telur. Selain gurih enak, nutrisinya juga bisa memasok energi pagi hari.

Meskipun berasal dari Italia, pasta yang beragam jenisnya sangat populer dan disukai orang Indonesia. Ini karena pasta mudah diolah dan dipadu padan dengan aneka bumbu atau saus. Makaroni dan spaghetti tergolong yang paling populer.

Spaghetti ada beragam jenis tergantung diameternya. Pasta berbentuk seperti mie ini dibuat dari durum wheat. Ada yang berukuran besar ada juga yang kecil dan diberi nama spaghettini. Biasanya diberi nomor untuk menunjukkan ukurannya. Tetapi kini sudah banyak spaghetti lokal dengan ukuran sama dan harga lebih terjangkau.

Sebaiknya rebus spaghetti dalam air yang cukup dan panci atau wadah yang besar. Rebus spaghetti dengan waktu sesuai jumlahnya. Tingkat kematangan 'al dente' (lunak di luar tetapi renyah di bagian tengah) yang paling tepat apalagi jika akan diberi saus atau dimasak lagi.



Tak harus diberi saus tomat atau bolognese, spaghetti juga enak ditumis dengan telur dan sedikit daging olahan atau sosis. Selain gurih, anak-anak bakal suka dengan teksturnya.

Untuk membuatnya, caranya mudah, cukup ikuti langkah singkat ini.

Penyuka Pasta, Spaghetti Masak Telur Ini Enak Buat SarapanFoto: iStock


1. Siapkan spaghetti dan bumbu

Siapkan 125 g spaghetti kering, 2 sdm mentega, 2 sdm bawang bombay cincang, 1 siung bawang putih cincang, 2 lembar daging asap atau sosis, iris kecil, 1 butir telur ayam, 1/2 sdt merica, 1 sdt garam dan 250 ml susu. Siapkan juga 2 butir telur setengah matang dan 2 sdm keju cheddar parut.

2. Rebus spaghetti

Rebus spaghetti kering dalam 2 liter air hingga menjadi lunak, sekitar 10 menit. Tiriskan segera dan sisihkan sekitar 200 ml air bekas merebusnya.

Penyuka Pasta, Spaghetti Masak Telur Ini Enak Buat SarapanFoto: iStock


3. Masak spaghetti dengan telur

Panaskan mentega hingga leleh. Masukkan bawang putih dan bawang bombay, tumis hingga layu dan harum. Masukkan daging asap, aduk-aduk sebentar. Masukkan spaghetti rebus, aduk hingga rata.

Tuangi susu, air perebus, dan tambahkan merica dan garam. Aduk-aduk hingga mendidih. Kocok telur lalu tuangkan ke dalam spaghetti, aduk-aduk hingga telur matang lalu angkat. Sajikan dengan taburan keju cheddar parut dan telur rebus setengah matang sebagai pelengkapnya.



Simak Video "Resep Tempe Mendoan"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)