Soto Jawa Lezat

Diadaptasi dari Kuliner China Kelezatannya Merambah ke Pulau Jawa

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 27 Nov 2019 14:30 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Soto Jawa Lezat
Jakarta - Bukan asli kuliner Indonesia, soto populer sejak dulu. Hampir setiap daerah punya racikan soto berbeda, terutama di setiap daerah yang ada di Pulau Jawa.

Semangkuk soto dengan aneka bumbu dan rempah lokal yang mengepul panas, punya sejarah yang panjang di Nusantara. Berasal dari hidangan yang diadaptasi dari kuliner khas China bernama Cau Do, makanan ini memiliki arti rerumputan atau jeroan yang berempah.

Baca Juga: Buat Hangatkan Pagi, Ini 5 Soto Terenak dari Pulau Jawa
Diadaptasi dari Kuliner China Kelezatannya Merambah ke Pulau JawaFoto: iStock

Mengingat pada zaman kolonial dulu, daging merupakan makanan mewah yang tak bisa dimakan semua orang. Tapi tentunya isian dari soto ini berubah dari waktu ke waktu, mulai dari daging ayam, sapi, hingga kerbau jadi tisian soto yang paling banyak ditemui.

Alkuturasi kuliner China dengan Jawa menjelma jadi racikan soto yang unik. Selain ditambahkan dengan rempah dan bumbu, juga diberi paduan kecap manis. Rasa gurih kaldu punya semburat manis yang khas Jawa.

Menurut buku Nusa Jawa yang ditulis Denys Lombard, soto pertama kali mulai dikenal di kota Semarang. Nama Caudo ini perlahan berubah menjadi soto. Karenanya tak heran, hingga saat ini pun ragam soto paling banyak ditemui di berbagai daerah dan kota yang ada di Pulau Jawa.
Diadaptasi dari Kuliner China Kelezatannya Merambah ke Pulau JawaFoto: iStock

Ada soto populer dari Pulau Jawa yang terkenal di Indonesia, seperti Soto Lamongan dari Jawa Timur, kemudian ada Soto Kudus, Soto Tauto dari Pekalongan, hingga Sroto Sokaraja yang selalu bikin kangen.

Melintasi Jalur Pantai Utara atau Pantura, variasi soto enak seperti Soto Brebes, Soto Kemiri khas Pati, hingga Rujak Soto Banyuwangi sering dijadikan destinasi kuliner plesiran yang masih digemari hingga sekarang.

Tak ketinggalan banyaknya tempat makan soto legendaris di Pulau Jawa, seperti tempat makan Soto Kadipiro di kota Jogja yang sudah ada sejak tahun 1921, kemudian ada Soto Gading di Solo yang berdiri sejak 1874. Hingga tempat makan Soto Bokoran di Semarang, yang eksis sejak tahun 1949 hingga sekarang.
Diadaptasi dari Kuliner China Kelezatannya Merambah ke Pulau JawaFoto: iStock

Meski dulu hidangan soto ini sering disebut sebagai makanan untuk rakyat kecil atau orang miskin, tapi sekarang mulai dari politisi, artis, hingga presiden pun gemar makan soto. Contohnya ada Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah yang paling hobi makan soto. Tak ketinggalan Presiden Jokowi yang hobi makan Soto Triwindu di kota Solo.

Di ulasan kali ini, detikFood akan membahas lengkap soal soto yang ada di Pulau Jawa. Mulai dari soto di Jawa Barat, kemudian tempat makan soto legendaris, cicip soto kwali khas Solo yang enak di Jakarta, hingga membagikan tips cara memesan soto di Jawa. Simak terus detikFood untuk tahu info lengkapnya ya!

Baca Juga: Slurp! Gurih Enak Soto Ayam Khas Jawa Timur Ada di 5 Tempat Ini

Simak Video "Gurih Nikmat Soto Betawi Legendaris di Cawang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Soto Jawa Lezat

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com