Rekomendasi Makan Malam

5 Bakwan Ngalam Enak dan Murah Ada di Tempat Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 26 Nov 2019 17:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Malang terkenal dengan racikan baksonya yang enak. Kalau mau cicip bakso enak dan murah di Malang, 5 tempat berikut bisa jadi pilihan.

Beberapa daerah di Indonesia memiliki racikan bakso khas. Misalnya saja bakso Solo dan Wonogiri. Tak ketinggalan, Malang yang terkenal dengan bakso Malang. Dibanding bakso daerah lain, bakso Malang memiliki isian lebih beragam.

Selain bakso halus atau urat, bakso Malang dilengkapi bakso goreng, pangsit goreng dan tahu rebus. Beberapa penjual bahkan ada yang menawarkan isian lain seperti siomay goreng dan kresol. Sementara kuahnya gurih segar karena memakai kaldu.

Kalau tertarik cicip bakso enak dan murah di Malang, sambangi saja 5 tempat berikut.

1. Bakso Sumsum Cak Hadi

5 Bakwan Ngalam Enak dan Murah Ada di Tempat Ini
Foto: Instagram perbaikan.gizi

Di kawasan Singosari ada bakso enak yang jadi favorit warga Malang. Namanya Bakso Sumsum Cak Hadi yang menawarkan bakso isi sumsum sapi sebagai andalannya. Seporsi bakso campur di sini dibanderol sekitar Rp 19.000.

Isiannya ada bakso urat, bakso telur puyuh, bakso telur ayam, bakso ati, dan bakso sumsum. Khusus bakso sumsum tak boleh minta tambah karena tiap porsi dijatah 1 bakso sumsum saja. Disarankan melahap bakso sumsum dalam satu kali suapan seperti makan klepon agar ada sensasi 'pecah' di mulut berisi sumsum sapi yang lumer gurih.

Bakso Sumsum Cak Hadi
Jalan Kertanegara No. 117

2. Bakso Solo Kidul Pasar

5 Bakwan Ngalam Enak dan Murah Ada di Tempat IniFoto: Instagram andriasririn

Menyebut bakso enak dan murah di Malang, banyak yang menjagokan Bakso Solo Kidul Pasar. Sudah ada sejak tahun 1965, hingga kini penggemarnya tak surut. Harga per porsinya sekitar Rp 18.000. Isiannya dua bakso halus, dua bakso kasar, dan diua bakso goreng.

Kalau mau meracik pilihan bakso sendiri juga bisa. Ada pilihan bakso halus, bakso kasar, bakso goreng, goreng pangsit, dan tahu yang masing-masing dibanderol Rp 3.000. Kalau mau lebih kenyang, tambah saja potongan lontong seharga Rp 2.000.

Bakso Solo Kidul Pasar
Jalan Halmahera No. 12
Jalan A.Yani No. 57, Blimbing

3. Bakso Gong

5 Bakwan Ngalam Enak dan Murah Ada di Tempat IniFoto: Instagram lambengunyahmalang

Bakso enak dan murah di Malang selanjutnya adalah Bakso Gong. Anda bisa meracik sendiri bakso di sini dengan pilihan pentol besar pentol kecil, goreng, tahu, dan siomay. Masing-masing harganya dibanderol Rp 6.000, Rp 3.000. Rp 1.000, Rp 1.000, dan Rp 2.000.

Banyak orang suka racikan pentol di sini. Kabarnya teksturnya padat, namun tetap lembut begitu dimakan. Apalagi Bakso Gong berani menjamin kalau mereka memakai 100% daging sapi asli sehingga membuat pengunjung lebih yakin.

Bakso Gong
Jl. Melati Malang

4. Bakso Pak Dukut

5 Bakwan Ngalam Enak dan Murah Ada di Tempat IniFoto: Instagram storiadellavita

Bakso Pak Dukut dikenal dengan nama lain Bakso Pak Dul. Racikannya terbilang legendaris karena sudah ada sejak 1973. Pilihan isian bakso di sini ada udang goreng, bakso halus, siomay basah, dan tahu.

Pengunjung bisa meracik sendiri bakso di sini. Pemesanannya langsung menghampiri penjual. Harga per isian bakso di sini Rp 1.500-2.000 saja. Yang wajib dicoba tentu saja udang goreng. Bentuknya seperti cone dengan lapisan kulit pangsit.

Bakso Pak Dukut
Jl. Suropati No. 34, Klojen

5. Bakso Duro Kepanjen

5 Bakwan Ngalam Enak dan Murah Ada di Tempat IniFoto: Instagram luliksoumokil

Bakso Duro Kepanjen disebut-sebut bakso legendaris di Kepanjen. Seporsi bakso di sini harganya Rp 18.500. Berisi bakso, gorengan, soun, dan sayur. Jenis bakso di sini adalah bakso urat ukuran kecil dan pentol bakso ukuran besar yang dibelah jadi 4.

Uniknya Bakso Duro Kepanjen memakai sayur berupa selada segar. Rasa bakso di sini terkenal enak karena teksturnya kenyal. Konon bakso dipanaskan di kompor arang sehingga aroma dan rasanya lebih nikmat. Kuahnya juga gurih menyegarkan dengan tambahan lemak.

Bakso Duro Kepanjen
Panglima Sudirman RT 03 RW 04, Ngadilangkung, Kepanjen



Simak Video "Bubur Ko Iyo, Setengah Abad di Pasar Lama Tangerang "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)