Yuk , Bikin Sinangag, Nasi Goreng Bawang Putih Filipina yang Sedap!

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 26 Nov 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Cuman punya bawang putih dan telur? Kamu tetap bisa bikin nasi goreng yang enak dan wangi buat sarapan. Diberi bumbu minimalis tetap gurih.

Tanggal tua, stok bahan di dapur menipis? Jangan kecil hati. Dengan sedikiy kreasi bumbu-bumbu yang ada di lemari dapur atau lemari es bisa kamu manfaatkan untuk meracik sarapan yang enak.

Seperti membuat Sanangag, nasi goreng berbumbu bawang putih dan telur khas Filipina. Rasanya gurih, aromanya wangi dan bikinnya juga gampang. Apalagi bawang putih dikenal sebagai bumbu yang kaya khasit.

Bawang putih dikenal sejak 7.000 tahun silam sebagai salah satu bumbu dari Asia Tenggara. Kini tersebar ke China, Amerika, Afrika hingga banyak wilayah lain di dunia.

Umbi berbentuk siung ini aromanya tajam karena mengandung sejumlah mineral penting. Seperti selenium, mangan, seng, sodium, kalium, fosfor, magnesium, zat besi hingga kalsium.



Khasiat bawang putih yang terkenal adalah mampu menurunkan tekanan darah, antivirus, antioksidan hingga mampu menurunkan kadar kolesterol darah. Karenanya bawang putih baik dikonsumsi setiap hari apalagi dalam keadaan segar.

Untuk meracik nasi goreng bawang putih ini, pilihlah bawang putih yang tua, siung umbinya besar. Kupas bawang putih kemudian cincang kasar dan iris melintang tipis.

Berikut ini langkah-langkah pembuatan nasi goreng bawang putih yang enak dan harum.

Yuk , Bikin Sinangag, Nasi Goreng Bawang Putih Filipina yang Sedap!Foto: iStock


1. Bawang Putih

Bawang putih merupkan bumbu penting dalam Sinangag. Siapkan 4 siung bawang putih cincang halus dan 6 siung bawang putih iris melintang tipis. Goreng bawang putih iris hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

2. Nasi dan bumbu lainnya

Bahan lain yang perlu disiapkan adlaah 2 piring nasi putih, 2 butir telur ayam dan 2 sdm daun bawang yang diiris kasar. Sebagai bumbunya, siapkan 1 sdm kaldu ayam bubuk, 1/2 sdt merica, 1 sdt garam dan 1 sdm kecap asin.

Yuk , Bikin Sinangag, Nasi Goreng Bawang Putih Filipina yang Sedap!Foto: iStock


3. Masak nasi goreng

Panaskan 2 sdm minyak sayur, tumis bawang putih cincang hingga sedikit kekuningan. Masukkan 2 piring nasi, aduk cepat hingga tercampur rata. Tambahkan merica, garam, kaldu ayam bubuk dan kecap. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

Sisihkan nasi goreng di pinngir wajan, pecahkan telur di sisi wajan. Biarkan hingga agak beku. Aduk nasi bersama telur hingga terlur tercampur rata dan matang. Taburi daun bawang dan sajikan hangat. Jika suka, telur bisa juga dibuat dadar dan diiris tipis.





Simak Video "Andriyanto, 'Tukang Nasi Goreng' Asal Sragen yang Berjuang di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)