Hemat Demi Beli Kosmetik, Wanita Ini Alami Kanker Perut karena Jarang Makan

Riska Fitria - detikFood Senin, 25 Nov 2019 11:10 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Demi membeli keperluan kosmetiknya, wanita di China sampai rela menghemat untuk tidak makan. Akibatnya ia terserang penyakit kanker perut.

Kanker perut atau disebut juga kanker lambung adalah gangguan kesehatan dengan terjadinya pertumbuhan jaringan yang tidak normal dalam perut. Kanker perut bisa terjadi karena gaya hidup dan pola makan yang tidak baik.

Seperti yang dialami oleh wanita asal China bernama Xiao Wen. Wanita berusia 26 tahun tersebut didiagnosis terkena penyakit kanker perut setelah menjalani pola makan yang buruk.
Hemat Demi Beli Kosmetik, Wanita Ini Alami Kanker Perut karena Jarang MakanFoto: Istimewa

Pola makan yang buruk tersebut dilakukan karena Xiao Wen ingin menghemat uang. Uang tersebut nantinya akan digunakan untuk membeli keperluan kosmetiknya.

Untuk sarapan ia hanya mengonsumsi roti, sementara untuk makan siang ia kembali mengonsumsi roti dari sisa sarapannya. Terkadang ia juga menambahkan beberapa acar sayuran.

Karena itu ia sering makan-makanan murah dan yang tak bergizi. Bahkan terkadang ia sampai menahan rasa lapar untuk tidak membeli makanan sama sekali. Hal tersebut berdampak buruk pada tubuhnya hingga akhirnya ia terkena penyakit kanker perut stadium akhir.
Hemat Demi Beli Kosmetik, Wanita Ini Alami Kanker Perut karena Jarang MakanFoto: Istimewa

Baca Juga : Jam Makan Malam Ternyata Berpengaruh pada Risiko Kanker

Penyakit tersebut diketahui oleh Xiao Wen setelah dirinya menemukan darah yang tercampur dalam tinjanya, lapor Msnews (23/11). Ini bukan pertama kalinya dia mengalami kondisi mengejutkan seperti ini. Sebelumnya ia juga pernah, tetapi tidak dianggap serius olehnya sehingga ia memilih untuk mengobati sendiri.

Namun kondisinya tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan setelah seminggu. Selama itu ia memiliki nafsu makan yang buruk dan membuat kondisinya menjadi semakin buruk.
Hemat Demi Beli Kosmetik, Wanita Ini Alami Kanker Perut karena Jarang MakanIlustrasi Foto: iStock

Ia pun memeriksa kondisi kesehatannya ke rumah sakit. Saat diminta keterangan oleh dokter soal pola makannya, ia mengatakan bahwa dirinya lupa kapan terakhir kali makan dengan benar.

Pola makan yang buruk bukan hanya karena ia berhemat untuk kosmetik, tetapi juga karena ia memiliki beban kerja yang berat. Sehingga waktu makannya tidak teratur dengan baik.

"Saya selalu telat makan setiap kali dibanjiri banyak pekerjaan," ujarnya.

Baca Juga : Sering Minum Jus Buah Bisa Pertinggi Risiko Kanker, Ini Penjelasannya

Simak Video "Bikin Laper: Makan Mun Haisom hingga Scallop Cah Brokoli"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)