3 Kuliner Bogor Maknyus Pilihan Presiden Joko Widodo

Devi Setya - detikFood Sabtu, 23 Nov 2019 12:15 WIB
Foto: YouTube Presiden Joko Widodo Foto: YouTube Presiden Joko Widodo
Bogor - Video kulineran Presiden Jokowi kembali dirilis. Setelah sukses dengan video kuliner Solo, kini Jokowi menunjukkan kuliner langganannya di Bogor.

Lewat video berdurasi 10 menit yang diunggah di akun YouTube ini menampilkan tiga kuliner yang jadi kegemaran Jokowi di Bogor. Ada martabak, bakso, sate Tegal hingga aneka hidangan khas Sunda. Vlog #kulinerjokowi ini sukses menarik perhatian netizen yang juga foodies.

"Sudah lima tahun ini Saya dan keluarga bermukim di Bogor, kota hujan dengan kebun raya luas, dan kian berkembang jadi kota besar. Salah satu yang menyenangkan dari kota ini adalah makanannya," tulis keterangan pada video yang diunggah 21 November 2019.

Baca juga : Jokowi Bikin #JKWKULINER, Tampilkan 3 Juara Makanan Tradisional Solo

Kuliner Bogor Maknyus Pilihan Presiden Joko WidodoFoto: YouTube Presiden Joko Widodo

Makanan yang ditampilkan yakni Martabak dan Bakso Kiki, Restoran Kluwih dan Sate Tegal Laka-Laka. Dari tiga pilihan kuliner ini ada yang pernah disambangi langsung oleh Jokowi tapi ada juga yang diundang ke Istana Bogor untuk menjamu para tamu presiden.

Pertama ada Martabak dan Bakso Kiki yang berlokasi di Jalan Pahlawan, Bogor. Sang pemilik, Kiki Sanjaya mengatakan pernah beberapa kali diundang untuk menyajikan makanan di Istana Bogor.

"Saya pernah diundang untuk rapat kabinet, acara negara. Udah berapa kali Saya ngelayani, sama Pak Jokowi langsung. Beliau pilih sendiri, Saya mau ini, mau ini. Jadi jalan bareng, deketin, makan, nyoba," kata Kiki Sanjaya.

Kuliner Bogor Maknyus Pilihan Presiden Joko WidodoFoto: YouTube Presiden Joko Widodo


Kiki mengatakan selalu berusaha menjaga produk makanannya agar semakin banyak orang Indonesia suka dengan makanan khas. Untuk produk martabak, Kiki menjamin semua bahannya segar dan berkualitas. Sementara untuk produk bakso, Kiki selalu memastikan daging sapi yang digunakan adalah daging segar agar baksonya enak dan bikin nagih.

Menu andalan di kedai Kiki ini terbilang bervarian. Untuk martabaknya, Kiki punya martabak manis dan martabak telur. Belum lama ini bahkan Kiki turut menghadirkan martabak manis kekinian dengan topping ala pizza.

Kuliner Bogor Maknyus Pilihan Presiden Joko WidodoFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini


Selain martabak dan bakso Kiki, kuliner selanjutnya adalah Restoran Kluwih yang berlokasi di Jalan Bina Marga, Bogor. Restoran yang mengusung tagline Sunda Authentic ini terbukti mampu membuat Jokowi dan keluarga ketagihan.

Menurut Yeksha Buana Alam, manager operasional Kluwih, awalnya ia dan seluruh pegawai merasa terkejut mendapat reservasi dari orang nomor satu Indonesia. Saat itu, Jokowi dan keluarga menyantap aneka makanan khas Sunda. Yeksha mengatakan Jokowi sudah 4 kali menyambangi restoran Kluwih. Menu favoritnya sederhana yakni ayam goreng, tempe, tahu, lalapan dan sambal.

"Sebenernya, menu yang dipesan itu justru sederhana ya. Ayam goreng, tahu, tempe, sambal, lalapan itu sudah pasti. Sama cah jantung pisang, terus sama tahu gejrot," ujar Yeksha. Sementara minumannya, Jokowi paling suka minum es tape kluwih yang manis segar.

Kluwih sendiri punya menu andalan khas Sunda yang tradisional namun dikemas dengan tampilan modern. Salah satu menu yang paling banyak dicari yakni liwetan. Gaya makan dengan alas daun pisang ini jadi tradisi Sunda yang tak lekang oleh waktu.

Kuliner Bogor Maknyus Pilihan Presiden Joko WidodoFoto: YouTube Presiden Joko Widodo


Terakhir ada juga Sate Tegal Laka-Laka yang dalam bahasa Tegal artinya 'tak ada duanya' . Pemilik usaha ini adalah Sunarto yang menyajikan sate kambing dan sate sapi. Sunarto mengatakan rahasia kelezatan satenya berasal dari daging kambing muda dan daging sapi bagian tenderloin.

"Sate yang enak itu yang tampilannya bagus, rasanya bagus, aromanya bagus. Itu kena semua itu," kata Sunarto. Sate di kedai Sunarto ini juga pernah masuk Istana Bogor karena diundang untuk menyuguhkan makanan saat ada acara.

"Kami diundang ke Istana menyajikan makanan. Membuat Saya sangat bangga!," ujar Sunarto.

Sate Tegal racikan Sunarto ini berhasil memanjakan lidah Jokowi. Pria berkacamata ini bahkan hafal soal selera Jokowi dan Iriana. "Kalau Pak Jokowi itu suka sate kambing yang pakai lemak, lebih wangi katanya. Kalau ibu favoritnya tengkleng. Kami Laka-Laka juga punya tengkleng, Alhamdulillah ibu suka itu," beber Sunarto.

Di kedainya, sate Tegal racikan Sunarto ini disajikan di atas piring panas jadi usai dibakar sate tetap dalam kondisi hangat saat disajikan kepada pengunjung. Sate Laka-Laka ini juga pernah dipuji Presiden Jokowi karena rasanya yang lezat.

Sunarto berharap suatu hari nanti agar warungnya bisa disambangi Presiden Jokowi. "Kami berharap sekali, Bapak Jokowi, Ibu Iriana dan keluarga bisa kunjung langsung ke Laka-Laka," pungkas Sunarto.

Baca juga : 9 Momen Jokowi Menikmati Makanan 'Ndeso' Asli Indonesia

Kuliner Bogor Maknyus Pilihan Presiden Joko WidodoFoto: YouTube Presiden Joko Widodo

Video #jkwkuliner ini pun menyedot banyak perhatian. Hingga berita ini ditulis, video sudah dilihat lebih dari 200 ribu kali.

"Nggak di Solo, nggak di Bogor, Jokowi kulineran selalu dinanti," ujar satu netizen.

"Keren Pak, banyak yang jadi korban endorse Pak Presiden. Keren banget. Semoga ada kuliner dari daerah lain juga," sahut netizen lainnya.





Simak Video "Rekomendasi Kuliner Solo Jagoan Presiden Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)