Makanan Masa Depan! Daging Ini Dibuat dari Udara

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 20 Nov 2019 19:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kemajuan ilmu pengetahuan membuat makanan bisa dibuat dari apa saja, termasuk udara! Bahkan udara 'disulap' bertekstur padat menjadi produk daging terbaru ini.

Perusahaan start-up dari California, Amerika Serikat mencuri perhatian dengan kreasi terbarunya. Dikutip dari Oddity Central (20/11), mereka membuat Air Protein yaitu produk daging tanpa unsur hewani (meatless meat) yang dibuat dari udara.

Nama daging tersebut adalah Air Protein. Untuk membuatnya perusahaan memanfaatkan teknologi yang dipakai NASA guna mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi protein. Teknologi ini memiliki sejarah panjang karena sudah ada sejak tahun 1960-an.

Makanan Masa Depan! Daging Ini Dibuat dari UdaraFoto: Istimewa

Saat itu badan luar angkasa Amerika Serikat mencari cara untuk memberi makan para astronotnya yang akan jalani misi tahunan. Mereka bergantung pada satu sumber daya yang dihasilkan astronotnya yaitu karbon dioksida.

Baca Juga: Ini Dessert Paling Enteng di Dunia, Beratnya Cuma 1 Gram!

Peneliti menemukan mikroba bernama hydrogenotrophs yang mampu mengubah karbon dioksida jadi protein. Hasilnya berupa bubuk yang bisa digunakan untuk membuat pasta hingga protein shake.

Tapi kini Air Protein dikhususkan menjadi alternatif daging. "Kami butuh menghasilkan lebih banyak makanan yang tidak terlalu bergantung pada sumber daya tanah dan air. Daging berbasis udara ini dialamatkan pada isu sumber daya dan lainnya," kata CEO Air Protein, Lisa Dyson.

Makanan Masa Depan! Daging Ini Dibuat dari UdaraFoto: Istimewa

Ia melanjutkan, "Dunia sedang mendukung 'daging' nabati dan kami yakin 'daging' berbasis udara ini adalah evolusi selanjutnya dari makanan ramah lingkungan," kata Lisa. Ia berharap produknya bisa memenuhi kebutuhan makan banyak orang tanpa bergantung pada sumber daya alam.

Konon perusahaan Air Protein juga menyempurnakan temuan peneliti NASA dalam pengubahan karbon dioksida menjadi protein. Mereka bisa menciptakan protein dalam hitungan jam, bukan bulan. Ada teknologi tank fermentasi yang diisi karbon dioksida dan nutrisi lain.

Makanan Masa Depan! Daging Ini Dibuat dari UdaraFoto: Istimewa

Air Protein juga digadang-gadang lebih sehat dan ramah lingkungan karena bebas pestisida, herbisida, hormon, atau antibiotik. Namun soal rasa, belum diketahui pasti. Sebab perusahaan baru akan meluncurkan Air Protein secara komersil tahun depan.

Baca Juga: Keren! Makanan Tinggi Protein Ini Dibuat dengan Listrik, Air dan Udara


Simak Video "Menjajal Martabak Manis Tradisional di Bogor "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)