Minuman Hangat Enak

Tambah Energi dengan 5 Minuman Hangat Khas Asia Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 20 Nov 2019 17:30 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Minuman Hangat Enak
Jakarta - Minuman hangat tak hanya ada Indonesia saja, ada minuman hangat khas di negara-negara Asia. Jepang, China, India hingga Korea punya minuman hangat nikmat.

Negara-negara di Asia seperti China, Korea, hingga India ini memiliki racikan minuman hangat yang wajib dicoba. Tentu bisa menjadi inspirasi untuk Anda yang mau berkreasi dengan minuman hangat selain versi tradisional Indonesia.

1. Bori-cha - Korea

Tambah Energi dengan 5 Minuman Hangat Khas Asia IniFoto: iStock

Banyak orang Korea menikmati bori-cha hampir setiap hari. Teh hangat ini dibuat dari barley atau gandum panggang. Rasanya unik dengan aroma smoky yang nikmat. Teh ini juga memiliki sedikit rasa pahit. Tak sulit menemukan bori-cha di Korea karena minuman ini juga sering menjadi pengganti air putih. Banyak restoran dan rumah tangga membuat bori-cha setiap hari.

Selain bori-cha, ada juga sungnyung yang juga terkenal di sana. Tampilannya mirip teh, namun minuman ini dibuat dari kerak nasi yang direbus bersama air. Sungnyung bisa dibuat dengan memanggang nasi di atas wajan hingga kecokelatan lalu rebus bersama air panas selama 10 menit. Rasanya juga smoky mirip roti panggang.

2. Ryokucha - Jepang

Tambah Energi dengan 5 Minuman Hangat Khas Asia IniFoto: iStock

Jepang terkenal dengan ragam kreasi teh. Salah satunya ryokucha yang secara harfiah adalah treh hijau. Ryokucha umum dijajakan di kemasan botol siap minum dalam pilihan rasa pahit yang berbeda. Minum teh hijau ini dikaitkan dengan ragam manfaat sehat termasuk untuk membuat rileks dan turunkan berat badan.

Bagi yang suka minuman creamy, biasanya lebih memilih matcha latte. Minuman ini dibuat dari bubuk matcha dengan campuran susu. Saat disajikan hangat, matcha latte terasa lebih pekat dan nikmat. Minum matcha latte memiliki khasiat seperti sehatkan jantung dan cegah kanker.

3. Chrysanthemum Tea - China

Tambah Energi dengan 5 Minuman Hangat Khas Asia IniFoto: iStock

Orang China juga lekat dengan budaya minum teh. Ada banyak varian teh yang terkenal di sana. Masing-masing diyakini memiliki manfaat sehat. Salah satunya teh seruni atau chrysanthemum tea yang sudah ada sejak masa dinasti Shong (960-1279). Teh dengan paduan bunga seruni kering ini bisa turunkan demam dan sakit tenggorokan.

Ada juga yang ikonik yaitu teh pu-er. Teh ini merupakan fermentasi teh hitam dari Yunnan. Warnanya cokelat gelap dengan manfaat menurunkan kolesterol dan berat badan. Kalau mau teh segar beraroma bunga dan buah, ciciplah tieguanyin. Teh ini termasuk varietas teh oolong premium.

4. Masala Chai Tea - India

Tambah Energi dengan 5 Minuman Hangat Khas Asia IniFoto: iStock

Masih berupa kreasi teh, di India ada Masala Chai Tea yang wajib dicoba. Minuman ini diracik dari teh hitam, susu panas, dan ragam rempah. Masala Chai Tea banyak dijajakan di sekitar stasiun kereta api India.

Rempah yang dipakai pada minuman ini adalah kapulaga hijau, cengkeh, kayu manis, jahe, dan lada. Beberapa orang juga menambahkan pala, vanili, atau adas untuk ciptakan rasa yang unik.

5. Ca Phe - Vietnam

Tambah Energi dengan 5 Minuman Hangat Khas Asia IniFoto: iStock

Agak berbeda dari negara lain, Vietnam punya racikan minuman hangat berupa kopi. Di sana kopi disebut ca phe dan lekat dengan kegiatan sehari-hari masyarakat. Tak heran banyak warung kopi mudah ditemui di Vietnam.

Ciri khas kopi Vietnam adalah rasanya kuat karena dibuat dari robusta. Penyeduhannya menggunakan dripper atau saringan kecil yang ditempatkan di atas cangkir. Terdapat dua jenis Ca Phe yaitu kopi hitam (Ca Phe Da) dan kopi susu (Ca Phe Sua Da).



Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Masakan Manado Serba Pedas di Cikini"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Minuman Hangat Enak