Sandwich Salad Telur Gaya Resto Buat Sarapan Sehat

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 21 Nov 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bosan dengan sandwich isi keju? Kamu bisa racik sandwich isi salad telur gaya restoran. Selain gampang, kandungan nutrisinya bisa isi energi di pagi hari.

Sarapan harus memenuhi asupan gizi seimbang. Sumber karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral harus tercukupi. Mengingat sarapan merupakan asupan energi setelah beristirahat 8 jam saat tidur.

Sumber karbohidrat tak harus nasi dan mie. Roti terutama roti dengan biji gandum utuh yang kaya serat sehingga bisa jadi pilihan karbohidrat sehat. isian roti tak melulu selai buah atau selai kacang dan daging olahan.



Untuk variasi yang lebih mudah dan enak, Anda bisa memadukan isian dengan selada telur. Telur rebus sebagai bahan isian diaduk dengan sedikit mayonnaise sehingga gurih enak. Jika ingin meracik sendiri Sandwich Selada Telur, berikut ini langkah-langkah mudahnya.

Sandwich Salad Telur Gaya Resto Buat Sarapan SehatFoto: iStock


1. Panggang roti

Untuk rotinya siapkan 4 lembar roti tawar atau brown bread atau jenis roti tawar lainnya. Panggang roti dalam toaster atau oven hingga agak kering tetapi tidak kecokelatan lalu angkat.

Selagi masih hangat, olesi permukaan roti dengan sedikit mentega. Sisihkan. Jika tak suka roti yang agak renyah, roti tak perlu dipanggang.

Sandwich Salad Telur Gaya Resto Buat Sarapan SehatFoto: iStock


2. Racik Salad Telur

Untuk membuat salad telur, siapkan 3 butir telur yang sudah direbus dan dikupas. Cincang kasar telur. Siapkan juga 2 sdm buncis rebus yang dipotong melintang kasar. Bisa ditambahkan juga dengan wortel rebus cincang kasar atau batang seledri yang dipotong kasar.

Sebagai sausnya, aduk 150 g mayonnaise botolan dengan 1 sdm air jeruk nipis, sedikit merica dan garam hingga rata. Jika suka pedas bisa ditambahkan 1 sdm saus cabai botolan. Aduk hingga rata. Selanjutnya aduk telur cincang, sayuran dengan saus hingga rata.

Sandwich Salad Telur Gaya Resto Buat Sarapan SehatFoto: iStock


3. Isi Sandwich

Taruh sebagian campuran telur di atas selembar roti panggang. Tutup dengan selembar roti. Kerjakan yang sama dengan sisa salad dan roti. Potong menjadi dua dan sajikan.



Simak Video "Dengan Rp 168 Ribu Bisa Makan Sandwich 5 Kg, Mau?"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)