GKR Bendara Bagikan Tips Makan Hemat Saat Kuliah di Luar Negeri

Riska Fitria - detikFood Senin, 18 Nov 2019 13:30 WIB
Foto: Instagram @gkrbendara
Jakarta - Meski berstatus sebagai anak Sultan Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara tetap hidup hemat soal makanan saat kuliah di luar negeri.

Mungkin banyak yang mengira bahwa menjadi putri dari Sri Sultan Hamengku Buwono X seperti GKR Bendara, pasti hidup dalam kemewahan. Ternyata tidak demikian, meskipun memiliki tahta yang tinggi, GKR Bendara tetap hidup ngirit saat merantau ke Swiss untuk kuliah.

Melalui akun instagramnya, ia menceritakan pengalaman dirinya sekaligus membagikan trik untuk hidup hemat selama berkuliah di Swiss. Terutama untuk menyiasati soal kebutuhan perut.
GKR Bendara Bagikan Tips Makan Hemat Saat Kuliah di Luar NegeriFoto: Instagram @gkrbendara

"Banyak orang hanya melihat kuliah di luar negri itu enak dan keren. Tapi juga butuh trik untuk hidup ngirit," tulisnya dalam keterangan foto.

Dalam unggahan pada (15/11) tersebut GKR Bendara mengatakan bahwa untuk hidup hemat ia kerap membeli makanan yang sudah mendekati tanggal kadaluwarsa. Berdasarkan pengalamannya, supermarket di luar negeri selalu menempelkan tanggal kadaluawarsa pada daging.

Baca Juga : Ini Sosok Sederhana Miliarder Jack Ma, Suka Makan Mie Instan hingga Seafood

Biasanya GKR Bendara selalu membeli daging di waktu yang mendekati masa kadaluwarsanya untuk mendapatkan potongan harga. Setelah dibeli, daging tersebut langsung dimasukkan ke dalam freezer yang ada di kostnya.
GKR Bendara Bagikan Tips Makan Hemat Saat Kuliah di Luar NegeriFoto: Instagram @gkrbendara

Tak hanya itu, untuk memasak pun finalis Miss Indonesia 2009 ini lebih memilih menggunakan bumbu sachet karena harganya lebih terjangkau, misalnya untuk memasak rendang. Setelah daging tersebut telah menjadi rendang, GKR Bendara langsung memasukkan ke dalam 4 wadah kecil dan dimasukkan ke dalam freezer lagi.

"1 tupperware itu 1 kali makan untuk berdua," tulisnya.

GKR Bendara juga memanfaatkan alat masak bekas memasak rendang tadi untuk digunakan membuat makanan lain seperti nasi goreng untuk dua porsi makan. Selain soal makanan, ia juga kerap berhemat ketika ingin berwisata dengan mencari diskon.

Dari unggahannya tersebut sukses membuat netizen terkagum-kagum dengan kesederhanaan putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X. Unggahannya pun banyak menuai pujian dari netizen.
GKR Bendara Bagikan Tips Makan Hemat Saat Kuliah di Luar NegeriFoto: Instagram @gkrbendara

"Masya Alloh Putri sultan saja bisa ngirit, salut, bermanfaat sekali untuk saya," tulis salah satu netizen.

"Ya Alloh kanjeng ratu @gkrbendara pancen oye, padahal ndak usah ngirit aja pasti cukup nggih, tapi jiwa sederhananya memang keren," tulis netizen lain.

Kesederhanaan GKR Bendara bukan kali ini saja terlihat. Belum lama ini ia juga kedapatan naik becak dengan gaya yang santai. Masyarakat yang menyadari pun langsung merekam video hingga menjadi viral di media sosial.

Baca Juga : Menyantap Hidangan Favorit Sri Sultan dengan Suasana Ala Keraton Yogya

Simak Video "Bikin Laper: Review Nasi Bakar Tuna Super Sedap dari 'Rumah Toean'"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com