Super Hemat! Pria Ini Tak Keluarkan Uang Makan Setahun karena Berkebun

Riska Fitria - detikFood Kamis, 14 Nov 2019 12:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tepat satu tahun seorang pria telah menyelesaikan tantangan berhemat tanpa membeli makanan sedikit pun. Lantas bagaimana caranya untuk bertahan hidup?

Adalah Rob Greenfield seorang Blogger dan Aktivis yang menantang dirinya sendiri untuk mengurangi limbah makanan dengan berhemat makanan. Berhemat makanan yang dilakukan oleh pria asal Olrando, Florida adalah dengan berkebun.

"Awalnya saya tidak yakin apakah saya bisa melakukan tantangan ini, tetapi saya juga penasaran untuk melakukan," ujar Rob Greenfield
Super Hemat! Pria Ini Tak Keluarkan Uang Makan Setahun karena BerkebunFoto: Istimewa

Sehingga selama 1 tahun ia tidak membeli bahan masakan ataupun makanan untuk dikonsumsi. Rob telah merubah taman di rumahnya untuk dijadikan area berkebun dengan menanam buah dan sayuran.

Baca Juga : 5 Orang Ini Buktikan Makan Sampah Bikin Hemat Sekaligus Kenyang

Dari hasil perkebunan itulah Rob mengambil bahan makanan untuk dikonsumsi. Ia juga sering memancing untuk bisa mendapatkan ikan dan diolah menjadi makanan. Selain itu, ia juga melengkapi asupannya gizinya dari buah beri dan kacang-kacangan.

Meskipun berhemat makanan, Rob merasa lebih sehat dan lebih bahagia dari sebelumnya. Bahkan ia juga bisa mempertahankan berat badannya sehingga tubuhnya tetap terlihat atletis.
Super Hemat! Pria Ini Tak Keluarkan Uang Makan Setahun karena BerkebunFoto: Istimewa

Selain dapat mengurangi limbah makanan, Rob juga dapat menghemat uang karena setiap makanan yang didapatkannya adalah gratis. Namun, meskipun gratis ia harus bekerja sekitar 40 sampai 80 jam per minggu untuk menanam, merawat kebun, memanen, memasak hingga mengawetkan makanan, lapor Metro (12/11).

Sekarang walaupun tantangan berhemat makanannya telah selesai, tetapi Rob mengatakan bahwa akan terus melanjutkan berkebunnya agar bisa mengurangi limbah makanan.

Baca Juga : Inspiratif! 5 Kisah Orang yang Berhemat Makan Demi Beli Barang Idaman

Simak Video "Modal Rp 25 Ribu Bisa Kenyang Makan Ayam-Lele di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)