Ih Jijik! Kotoran Gajah Jadi Bahan Baku Minuman Ini

Devi Setya - detikFood Rabu, 13 Nov 2019 19:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pasangan asal Afrika Selatan membuat geger foodies dunia. Mereka membuat gin dengan bahan baku kotoran gajah. Bagaimana sensasi rasa dan aromanya?

Ilmuwan asal Afrika Selatan bernama Les dan Ansley mendapat ide unik sekaligus menjijikan. Mereka selama setahun sengaja berkeliling Afrika Selatan demi mendapatkan bahan baku unik untuk membuat minuman. Hasilnya, mereka menggunakan kotoran gajah sebagai bahan utama untuk membuat gin.

Inspirasi ini berawal dari seorang penjaga hutan yang menjelaskan bahwa gajah di kawasan hutan tersebut menyantap berbagai macam buah dan bunga. Gajah ini hanya mencerna sepertiga bagian buah yang dimakan, sisanya akan dibuang melalui kotoran.

Ih Jijik! Kotoran Gajah Jadi Bahan Baku Minuman Ini Foto: Istimewa

Baca juga : Berani Cicip? Ini Durian Tahi Gajah yang Jadi Buruan Banyak Orang

Berbekal informasi ini, Les Ansley kemudian mengumpulkan kotoran gajah segar di Botlierskop Private Game Reserve, dekat Teluk Mossel, Afrika Selatan. Pembuat gin Afrika Selatan yang mengandung kotoran gajah ini mengatakan penggunaan kotoran binatang itu bukanlah isu semata.

"Dalam kotoran gajah, Anda mendapatkan varietas botani yang paling menakjubkan," kata Les Ansley kepada The Associated Press.

Dia ingat istrinya menyarankan mereka membuat gin dari tumbuhan. Tapi karena ingin menghadirkan gin yang unik dan berbeda, mereka akhirnya memilih meneliti kotoran gajah. Pada intinya sama-sama berasal dari tumbuhan namun telah melewati proses fermentasi alami.

Ih Jijik! Kotoran Gajah Jadi Bahan Baku Minuman Ini Foto: Istimewa

Pasangan ini kemudian mengumpulkan kotoran gajah dengan tangan kosong, "Jadi Anda bisa membandingkan rasa gin yang selalu berbeda," kata Les Ansley.

Setidaknya dibutuhkan lima kantong besar kotoran gajah untuk membuat 3.000 hingga 4.000 botol gin. Kotoran tersebut kemudian dikeringkan, digiling dan dicuci untuk menghilangkan bagian kotoran dan pasir. Sisanya adalah serpihan buah, daun dan bunga yang sudah dimakan gajah namun tidak tercerna dengan baik.

Setiap botol gin dijual dengan harga sekitar $ 32 (Rp 450 ribu). Setiap botol gin dilengkapi dengan keterangan tanggal produksi serta area lokasi pengambilan kotoran gajah. Tentu saja gin ini jadi minuman unik yang menantang adrenalin saat menikmatinya.

Ih Jijik! Kotoran Gajah Jadi Bahan Baku Minuman Ini Foto: Istimewa

"Reaksi awal kebanyakan orang-orang adalah, 'Apa? Tidak mungkin.' Tetapi orang sangat tertarik untuk benar-benar merasakannya," kata Ansley.

Saat ini gin masih diproduksi secara terbatas dan dijual secara online. Gin dengan nama Indlovu ini ternyata menarik banyak perhatian. Kebanyakan pembeli gin ini penasaran dengan rasa minuman yang diproses secara alami dalam perut gajah.

Baca juga : Bir Beraroma Kopi Kotoran Gajah Laku Keras di Jepang



Simak Video "Kelezatan Bolu Gulung Lembut Tanpa Pengawet di Jakarta Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)