Cara Membuat Pancake Durian yang Enak dan Mudah

Niken Widya Yunita - detikFood Rabu, 13 Nov 2019 15:15 WIB
Cara Membuat Pancake Durian yang Enak dan Mudah/Foto: (Rudi Chandra/dTraveler) Cara Membuat Pancake Durian yang Enak dan Mudah/Foto: (Rudi Chandra/d'Traveler)
Jakarta - Pancake durian merupakan salah satu makanan olahan dari buah yang digemari masyarakat. Bagaimana cara buat desert yang enak ini?

Kue panekuk atau biasa disebut pancake durian adalah makanan berbahan dasar buah durian Medan. Buah durian Medan dipilih karena memiliki rasa yang enak, manis, dan memiliki tekstur buah legit.

Cara membuat pancake durian Medan ini bisa dibilang sederhana. Karena tidak memakan waktu yang lama. Jika tidak ada durian Medan, kamu bisa menggantinya dengan durian lainnya.

Berikut resep pancake durian:



1. Siapkan Bahan

Pertama-tama kamu harus menyiapkan bahan-bahan. Untuk membuat kulit pancake durian diperlukan 165 gram tepung terigu protein sedang, 1 sdm gula halus, 1/2 sdt garam, 1 kuning telur, 400 ml susu cair, 1 sdm mentega leleh dan sedikit pewarna hijau.

Isiannya dibuat dari 100 gr bubuk whipped cream, 200 ml air es, 1 buah durian Monthong, 1/4 sdt garam dan 2 sdm gula halus.

2. Buat Adonan Kulit

Aduk tepung terigu, gula halus, dan garam hingga rata. Kemudian tambahkan kuning telur, susu cair, dan mentega cair. Campur hingga adonan rata dan licin, tanpa gumpalan.

3. Cetak Kulit Pancake

Oleskan mentega tipis pada wajan saat pencetakan pertama kali. Tuang satu sendok sayur adonan di wajan datar kecil yang sudah dipanaskan di atas api kecil. Buat dadar tipis sampai adonan habis. Pada proses mengangkat pancake, lakukan dengan hati-hati agar tidak robek.



4. Buat Krim

Kocok bubuk whipped cream dengan air es hingga kaku. Kemudian tambahkan campuran gula halus dan garam, aduk hingga rata. Sisihkan.

5. Bentuk Pancake Durian

Isi bagian tengah selembar kulit pancake yang sudah agak dingin dengan adonan krim. Lalu tambahkan daging durian di atas krim. Lipat hingga berbentuk seperti amplop. Simpan dalam chiller sampai disajikan.

Bagaimana enak kan? Pancake durian juga bisa dicoba untuk dijual.




Simak Video "Sensasi Makan Malam di Tambang Batu Bara"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/vmp)