Mampir ke Pati, Ganjar Pranowo Cicip Emplek-emplek hingga Nasi Gandul

Riska Fitria - detikFood Rabu, 13 Nov 2019 13:00 WIB
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Jakarta - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pertama kali mencicipi jajanan unik khas Pati ketika mengunjungi desa Jrahi. Bernama emplek-emplek yang terbuat dari jagung.

Sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo selalu mengeksplor seluruh daerah Jawa Tengah mulai dari budaya, pariwisata hingga kulinernya. Soal kuliner, Ganjar Pranowo memang dikenal hobi makan. Pengalaman kulineranya itu selalu diunggah di saluran YouTube dan di Instagram miliknya.

Seperti pada beberapa waktu lalu, di mana Granjar Pranowo tengah mengunjungi desa Jrahi, kecamatan Gunungwungkal di Pati, Jawa Tengah. Saat di sana, Ganjar Pranowo disuguhkan jajanan khas Pati bernama emplek-emplek oleh masyarakat.
Mampir ke Pati, Ganjar Pranowo Cicip Emplek-emplek hingga Nasi GandulFoto: Instagram @ganjar_pramnowo

Emplek-emplek adalah jajanan yang terbuat dari jagung, kapur sirih dan gula aren. Adonan tersebut kemudian dibungkus menggunakan kulit jagung. Lalu, dimasak dengan cara dikukus. Bentuknya pipih dengan warna kecokelatan.

Ternyata mencicipi emplek-emplek merupakan pengalaman yang baru bagi Ganjar Pranowo. Awalnya Ganjar Pranowo merasa aneh dengan nama 'Emplek-emplek'. Namun, ketika dicicip, Ganjar Pranowo mengakui bahwa rasanya sangat enak. Bahkan ia sampai mengacungkan jempol.
Mampir ke Pati, Ganjar Pranowo Cicip Emplek-emplek hingga Nasi GandulFoto: Instagram @ganjar_pramnowo

Baca Juga : Aksi Ganjar Pranowo Saat Berburu Tengkleng hingga Ngulek Sambel

"Rasanya itu lebih kental rasa jagungnya," ujar Ganjar Pranowo.

Selain emplek-emplek, Ganjar Pranowo juga pernah mencicipi makanan khas Pati lainnya, yaitu Nasi Gandul di warung sederhana bernama Nasi Gandul Maknyus Bu Yanti. Supaya akrab dengan masyarakatnya, ia turut mengajak tukang ojek dan tukang becak untuk makan bersama.
Mampir ke Pati, Ganjar Pranowo Cicip Emplek-emplek hingga Nasi GandulFoto: Instagram @ganjar_pramnowo

Nasi Gandul merupakan kuliner hasil persilangan antara soto dan gule. Hidangannya berupa nasi, potongan daging dan diguyur kuah berwarna merah kecoklatan.

Saat berada di warung makan tersebut, Ganjar Pranowo mengaku sering mengonsumsi Nasi Gandul saat sarapan di pagi hari. Sementara saat makan malam ia sering mengonsumsi makanan Kepala Manyung yang juga khas Pati.

Baca Juga : Ini Keunikan Ikan Beong yang Menurut Ganjar Pranowo Rasanya 'Nyetrum'

Simak Video "Mencicip Teh Telur Favorit Ganjar Pranowo"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com