Seram! Kena Cangkang Udang, Pria Ini Terluka Tangannya dan Tewas

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 09 Nov 2019 14:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tak sengaja lukai tangan saat kupas udang. Pria ini alami kisah tragis, di mana tangannya infeksi parah dan menjadi penyebab kematiannya.

Memotong atau mengkupas udang mungkin terlihat seperti pekerjaan yang sepele. Tapi jika tidak berhati-hati, kecelakaan kecil seperti pisau melukai jari, hingga cangkang udang yang terkontaminasi bakteri bisa berakibat fatal, bahkan hingga menyebabkan kematian. Hal ini lah yang dialami pria dari Hangzhou, China, setelah ia mengalami kecelakaan kecil saat sedang menyiapkan udang yang akan dimasaknya.

Baca Juga: Wah! Pria Ini Terserang Infeksi Paru-paru Setelah Ikut 'Eggnog Challenge'

Seram! Kena Cangkang Udang, Pria Ini Terluka Tangannya dan TewasFoto: Istimewa


Dilansir dari World of Buzz (09/11), pria berusia 60 tahun ini tak sengaja melukai salah satu jarinya, saat sedang mengkupas cangkang udang, di mana bagian tajam dari cangkang udang ini sudah terkontaminasi bakteri. Di mana luka kecil di jari pria bernama Wang ini, menjadi infeksi parah dan tiga hari kemudian nyawanya tak bisa tertolong.

Usai lukanya sudah terinfeksi bakteri, Wang langsung tak sadarkan diri dan dilarikan ke rumah sakit. Bagian kaki kanannya juga membengkak karena terlalu banyak cairan, hingga lebam yang disebabkan dari infeksi bakteri cangkang udang tersebut.

Ketika diperiksa oleh tim medis, Wang mengalami beberapa kegagalan sistem organ, sehingga ia harus dilarikan ke Intensive Care Unit (ICU). Keluarganya mengaku sangat bingung, karena Wang tiba-tiba jatuh sakit dan demam, hingga tak sadarkan diri secara tiba-tiba, padahal sebelumnya Wang masih sehat.

Seram! Kena Cangkang Udang, Pria Ini Terluka Tangannya dan TewasFoto: Istimewa


Namun, akhirnya mereka menyadari sesuatu bahwa tiga hari yang lalu, Wang pergi ke pasar tradisional untuk membeli udang segar. Saat mempersiapkan udang ini, tangannya tak sengaja tergores cangkang udang, dan dokter mengatakan bahwa banyak bakteri mematikan di dalam cangkang seafood, salah satunya udang.

Wang ternyata mengalami infeksi dari bakteri langka dan mematikan bernama Vibrio vulnificius. Bakteri ini memiliki tingkat kematian yang tinggi. Karena bakteri ini menyerang tubuh dengan sangat cepat, dapat menyebabkan gastroenteritis, yaitu infeksi yang terjadi pada usus atau perut disebabkan memakan hidangan laut yang masih mentah atau setengah matang. Ditambah dengan infeksi luka yang ada.

Seram! Kena Cangkang Udang, Pria Ini Terluka Tangannya dan TewasFoto: Istimewa


Pihak dokter sudah mencoba menangani Wang dengan berbagai obat antibiotik, tapi kondisinya terus memburuk. Bahkan banyak luka melepuh, yang muncul di kali kanannya. Sayangnya, setelah tiga hari dirawat, Wang meninggal dunia karena infeksi bakteri dari cangkang udang yang dibelinya di pasar.

Karena kejadian ini dokter menyarankan untuk selau berhati-hati, ketika menyiapkan udang atau seafood yang memiliki cangkang. Karena cangkang ini biasanya membawa banyak bakteri yang berbeda-beda. Jika tangan atau bagian tubuh lainnya tergores cangkang ini, harus segera dibersihkan dengan baik sebelum diobati, jangan dibiarkan.

Jika muncul gejala demam, kulit melepuh, hingga muncul luka lain di tubuh segera kunjungi dokter.

Baca Juga: Wanita Ini Tewas Usai Makan Escargot yang Terkontaminasi Bakteri

Simak Video "Ada Keju Sekeras Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)