Minta Uang Refund untuk Pizza, Mahasiswa Ini Justru Kena Tipu Rp 5 Juta

Sonia Basoni, Sonia Basoni - detikFood Minggu, 10 Nov 2019 17:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Penipuan semakin canggih. Mulai dari undian berhadiah, hingga berpura-pura menjadi operator restoran pizza, yang menyedot uang para pembeli pizza.

Penipuan secara online hingga lewat sambungan telepon kini semakin marak. Beberapa penipu menggunakan berbagai cara, untuk mengelabui korban mereka, hingga sistem mereka bisa menguras habis uang yang dimiliki korban.

Baca Juga: Penipuan Hingga Pencurian, Ini 5 Kisah Sedih yang Terjadi di Warung Nasi Bebek
Minta Uang Refund untuk Pizza, Mahasiswa Ini Justru Kena Tipu Rp 5 JutaFoto: Istimewa

Salah satunya yang dialami oleh mahasiswa dari IIT Bombay, India. Di mana ia habis ditipu setelah memesan pizza lewat jasa layanan makanan pesan antar. Dikabarkan Storypick (10/11), kejadian berawal dari mahasiswa ini yang merasa tidak puas dengan pizza yang dipesannya.

Ia pun ingin menyampaikan keluhan ke jasa makanan pesan antar itu, tapi tidak ada respon. Akhirnya ia mencari nomor customer service di internet, namun panggilannya tidak terjawab.

"Beberapa menit setelahnya, saya menerima telepon dari nomor lain, yang mengatakan bahwa dia perwakilan dari jasa pesan antar itu. Ia setuju untuk mengembalikan uang saya, sebagai bentuk kompensasi dari pizza yang saya terima. Tapi ia meminta saya untuk menekan link yang ia kirimkan ke ponsel saya," jelas mahasiswa yang indetitasnya tak disebutkan ini.
Minta Uang Refund untuk Pizza, Mahasiswa Ini Justru Kena Tipu Rp 5 JutaFoto: Istimewa

Ketika mahasiswa itu menekan link bersangkutan, mahasiswa itu diminta untuk memasukan nomor PIN, dan uangnya langsung terkuras dari rekeningnya. Ada tiga transaksi setelah itu, dan ketika mahasiswa ini mencoba untuk menghubungi nomor itu, nomornya sudah tidak aktif.

Akhirnya mahasiswa ini menyadari ada sesuatu yang aneh dengan perwakilan dari jasa pesan antar itu. Ia pun mengecek rekeningnya, dan jumlah saldonya sudah terpotong sebanyak Rs.27,000 (Rp 5,309,515), dalam waktu beberapa menit saja.
Minta Uang Refund untuk Pizza, Mahasiswa Ini Justru Kena Tipu Rp 5 JutaFoto: Istimewa

"Saat itu penipu ini membujuk korban untuk melakukan scan kode, sebagai proses pengembalian uang. Namun korban tak sadar, bahwa kode yang dikirimkan ternyata merupakan ajuan pembayaran, untuk pemotongan saldo dari akunnya," jelas pihak kepolisian, yang sudah sering menangani kasus seperti ini.

Sehingga, mahasiswa ini rugi besar. Padahal tujuan awalnya adalah untuk meminta pengembalian uang dari pizza yang dipesannya, tapi justru ia harus mengeluarkan uang berjuta-juta.

Baca Juga: Kocak! Cari Restoran Thailand Pakai GPS, Netizen Ini Kena Tipu

Simak Video "Pizza Bebek Anti Mainstream di Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)