Keren! Warung Makan Ungkap Laporan Keuangan untuk Alasan Mulia Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 08 Nov 2019 14:00 WIB
Foto: Facebook Mummy Yummy Foto: Facebook Mummy Yummy
Jakarta - Sebuah warung makan di Singapura jadi viral lantaran inisiatif mulianya. Mereka memberi diskon hingga makanan gratis untuk orang tak mampu.

Dikutip dari Mothership (8/11), VGvegetarian berlokasi di Ayer Rajah Food Centre. Warung makan vegetarian ini merupakan cabang Mummy Yummy yang sebelumnya beroperasi di Shenton House, namun tutup pada akhir September 2019.

VGvegetarian dibuka pada Juni 2019 dengan konsep sedikit berbeda. Mereka menguji coba konsep kepemilikan publik dimana orang-orang umum yang mampu dan bersedia diajak membantu memberi makan orang-orang tidak mampu.

Keren! Warung Makan Ungkap Laporan Keuangan untuk Alasan Mulia IniFoto: Facebook Mummy Yummy

Sumbangannya tidak perlu besar, dengan sedikit sumbangan paling tidak mampu membantu VGvegetarian terus beropreasi tiap bulan. Uji coba ini terbukti berhasil karena setiap kekurangan dana VGvegetarian disumbang publik sebulan sekali.


Di dua bulan pertama operasional, VGvegetarian bahkan tidak merugi sama sekali. Rencananya mereka memperluas inisiatif mulia ini di gerai kedua VGvegetarian yang akan dibuka di Amoy Street Food Center pada Oktober 2019.

Adapun cara kerja mereka dalam beramal sebenarnya sederhana. Pertama, Mummy Yummy akan membuat postingan di Facebook setiap bulan. Isianya adalah laporan keuangan warung makan yang diungkap secara transparan.

Keren! Warung Makan Ungkap Laporan Keuangan untuk Alasan Mulia IniFoto: iStock

Laporan tersebut diperinci dengan berbagai alokasi biaya. Misalnya untuk sewa kios, pembelian bahan baku, dan bahkan transportasi. Dalam laporan terbaru, misalnya, biaya sewa kios masing-masing adalah SGD 2.575 (Ayer Rajah) dan SGD 3.000 (Amoy Street).

Ada kekurangan SGD 5.789,38 atau sekitar Rp 59,7 juta untuk Oktober 2019. Publik kemudian bisa transfer dana dalam jumlah berapa pun ke rekening bank Mummy Yummy.

Sejak Juni 2019, mereka telah menggunakan metode ini untuk mengumpulkan uang setiap bulan. Awalnya ketika pertama kali dimulai pada Juni, Mummy Yummy hanya mengizinkan sumbangan dengan jumlah tetap SGD 100.

Keren! Warung Makan Ungkap Laporan Keuangan untuk Alasan Mulia IniFoto: Facebook Mummy Yummy


Hal ini dilakukan untuk membatasi jumlah donatur sehingga membuat akuntansi lebih mudah. Namun, setelah menerima saran dari publik, mereka telah mengizinkan sumbangan dalam jumlah berapa pun.

Mummy Yummy juga menulis bahwa pihaknya akan berhenti menerima sumbangan saat jumlah kekurangan terpenuhi. Sebelumnya Mummy Yummy telah melakukan donasi makanan, seperti mengirimkan paket 1.000 bihun goreng.



Simak Video "Perpaduan Unik Keju Yogyakarta dengan Wine Australia dan Selandia Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)