Netizen Bagikan Parameter Masak Nasi Ala Emak-emak

Devi Setya - detikFood Jumat, 01 Nov 2019 06:30 WIB
Foto: twitter
Jakarta - Salah satu keahlian emak-emak tentu saja masak nasi karena dilakukan setiap hari. Sebagai panduan, seorang netizen membagikan parameter masak nasi ala emak-emak.

Pengguna twitter dengan nama akun @mash_anang mengunggah foto cara memasak nasi. Cara ini memang simpel dan terkesan sepele tapi hampir setiap emak-emak menerapkan cara ini ketika memasak nasi.

Ada tiga foto yang dibagikan pada unggahan ini. Intinya adalah menunjukkan tarakan air yang harus ditambahkan ketika memasak nasi. Takaran ini dianggap penting karena menentukan tekstur nasi yang dimasak.

Utuk memasak beras, air yang ditambahkan harus lebih banyak dari jumlah beras. Tinggi air setidaknya harus satu ruas jari. Dengan takaran ini beras yang dimasak akan menjadi nasi pulen.
Netizen Bagikan Parameter Masak Nasi Ala Emak-emakFoto: twitter

Baca juga : Emak-emak Rebutan Rendang Ternyata Cuma Akting Iklan Bumbu Penyedap

Nah pemilik akun twitter ini juga menunjukkan parameter alami menggunakan jari tangan. Jika air yang ditambahkan kurang maka nasi akan terasa atos atau keras, kalau takarannya pas maka akan jadi nasi pulen.

Lain lagi saat akan membuat bubur, air yang ditambahkan harus dua ruas jari lebih banyak. Dan terakhir jika takaran air terlalu banyak maka patut dipertanyakan, orang ini bisa masak atau tidak.

Unggahan sederhana soal takaran air saat masak nasi ini kemudian mendapat perhatian netizen. Setidaknya ada lebih dari 22 ribu orang yang membagikan ulang trik masak nasi ala emak-emak ini.
Netizen Bagikan Parameter Masak Nasi Ala Emak-emakFoto: twitter

Baca juga : Celetukan Kocak Emak-Emak Saat Lihat Anaknya Sarapan

Ratusan komentar pun menanggapi parameter masak nasi ini. Ada yang berkomentar selalu gagal masak nasi karena jari-jarinya yang pendek.

"Jari siapa itu.Jari bantet kaya gua tiap masak nasi ya keras mulu jadinya," ujar satu netizen.

"Ini parameter sejuta umat," ujar netizen lain.

Simak Video "Tips Memasak Nasi agar Kadar Gulanya Lebih Rendah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)