Punya Kentang dan Telur? Olah Saja Jadi Kentang Tumis yang Gurih Enak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 01 Nov 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kalau bosan makan nasi atau sedang kurangi karbo, kentang bisa jadi pilihan sarapan. Dipadukan dengan bawang dan telur bisa jadi sarapan enak mengenyangkan.

Setiap 100 g kentang atau 1 buah kentang ukuran sedang mengandung 76 kalori dan karbohidrat 17 gram, protein 2 gram. Selain itu juga mengandung kalium 421 mg dan natrium 6 gram serta serat 2.2 gram. Karenanya kentang bisa jadi sumber karbohidrat yang menyehatkan.

Agar lebih menyehatkan gunakan kentang berikut kulitnya, jangan dikupas agar mendapat asupan nutrisi yang utuh. Sikat bersih kulit kentang lalu cuci di bawah air mengalir hingga seluruh kotorannya larut. Atau gunakan kentang kecil atau kentang rendang berikut kulitnya.



Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat Tumis Kentang Telur yang gurih enak.

1. Rebus Kentang

Siapkan 2 buah kentang yang sudah dicuci bersih. Potong dua, sisihkan. Didihkan air secukupnya dalam panci, rebus kentang dengan api sedang hingga kentang lunak. Angkat kentang dan tiriskan.

Potong-potong kentang ukuran dadu sedang. Sebaiknya potong kentang saat sudah matang agar mendapatkan permukaan potongan kentang yang lembut dan empuk.

Punya Kentang dan Telur? Olah Saja Jadi Kentang Tumis yang Gurih EnakFoto: iStock


2. Tumis Kentang

Panaskan 2 sdm mentega, tumis 1/4 butir bawang bombay yang sudah dicincang dan 1 siung bawang putih yang dicincang, hingga agak kecokelatan. Jika suka, bisa ditambahkan sosis sapi yang dipotong kecil. Aduk hingga agak kering.

Masukkan potongan kentang, garam dan merica secukupnya, aduk-aduk hingga kentang agak kering kecokelatan. TKemudian pecahkan 2 butir telur ayam di atasnya. Tutup wajan dan biarkan hingga telur membeku lalu angkat.

Punya Kentang dan Telur? Olah Saja Jadi Kentang Tumis yang Gurih EnakFoto: iStock


3. Variasi

Jika suka, telur bisa langsung diaduk hingga menjadi bergumpal besar seerti orak-arik. Taburi daun peterseli atau daun bawang iris dan sajikan hangat.
Kentang tumis ini juga bisa ditambahkan buncis dan wortel yang dipotong kecil. Agar rasanya lebih gurih, nikmati selagi hangat dengan saus cabai atau mayonnaise.



Simak Video "Kelezatan Bolu Gulung Lembut Tanpa Pengawet di Jakarta Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)