Dakjuk, Bubur Ayam Korea yang Kaya Nutrisi Untuk Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 30 Okt 2019 05:30 WIB
Foto: www.koreanbapsang.com Foto: www.koreanbapsang.com
Jakarta - Bubur ayam Korea ini isiannya lengkap. Selain ayam juga dimasak bersama beragam sayuran. Rasanya gurih lembut cocok buat penghangat perut di pagi hari.

Dalam bahasa Korea 'juk' berarti bubur. Orang Korea juga menikmati bubur sebagai menu sarapan sehat. Bahan yang terpenting untuk membuat bubur ini adalah kaldu ayam dan daging ayam. Bisa memanfaatkan sisa ayam goreng, ayam panggang atau semur ayam dari makan malam.

Untuk kaldu ayam sebaiknya sudah punya stok sehingga tak repot membuat kaldu ayam di pagi hari. Lebih baik lagi jika kaldu ayam memakai ayam kampung tua. Bisa saja memakai kalu instan tetapi pilih yang berkualitas bagus dan tidak mengandung MSG.

Sedangkan berasnya pilih beras yang pulen legit, seperti jenis rojolele, pandan wangi atau menthik susu agar tekstur lebih lembut. Sebaiknya rendam beras yang sudah dicuci dalam air selama 30 menit hingga 1 jam agar proses pereebusan lebih cepat.



Jika ingin membuat Bubur Ayam Korea, berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.

Dakjuk, Bubur Ayam Korea yang Kaya Nutrisi Untuk SarapanFoto: iStock


1. Beras dan sayuran

Siapkan 100 g beras pulen, boleh juga ditambahkan 1 sdm keras ketan putih jika ada. Cuci beras lalu rendam dalam air dingin secukupnya.

Bahan lain yang perlu disiapkan, 1.5 liter kaldu ayam, 2 sdm minyak wijen, 1 siung bawang putih, cincang, 100 g daging ayam rebus/panggang/goreng yang disuwir kasar. Untuk sayurannya, siapkan 50 g wortel, potong dadu kecil, 3 buah jamur hioko, potong kecil, 1 sdm daun bawang iris halus. Sebagai bumbunya siapkan merica bubuk dan garam.

2. Memasak bubur

Panadkan 2 sdm minyak wijen dalam panci berdasar tebal, lalu masukkan bawang putih, aduk hingga layu dan wangi. Masukkan beras, aduk beras hingga terlapisi minyak wijen.

Tuangkan kaldu, masak hingga mendidih dengan api kecil. Masak terus hingga beras lembut, merekah dan menjadi bubur yang kental.

Dakjuk, Bubur Ayam Korea yang Kaya Nutrisi Untuk SarapanFoto: iStock


3. Sayuran dan ayam rebus

Tambahkan sayuran cincang dan masak kembali hingga sayuran lunak dan bubur mengental. Jenis sayuran bisa sesuai selera. Misalnya sawi, rebung atau yang lain. Terakhir masukkan suwiran daging ayam, aduk hingga mendidih lalu angkat.

Tambahan daun bawang, merica dan garam secukupnya. Aduk hingga rata. Sajikan hangat.



Simak Video "Menjajal Bubur Ayam Bandi yang Eksis Sejak 1998"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)