Resto Ini Daur Ulang Air Limbah Toilet Jadi Air Minum!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 28 Okt 2019 08:30 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Daur ulang disarankan untuk melestarikan lingkungan, namun bagaimana jika mendaur ulang air limbah toilet untuk air minum? Restoran ini melakukannya.

Untuk menunjukkan kehandalan sistem pemurnian air terbaru, sebuah restoran di Kuurne, Belgia mulai menyajikan air minum untuk konsumen berbahan daur ulang air dari bak cuci dan toilet. Dikutip dari Oddity Central (24/10), restoran tersebut bernama Gust'eaux.

Konon air daur ulang tersebut sama seperti air minum pada umumnya. Tak ada bau, tak ada rasa, dan tak berwarna. Adalah sistem pemurnian canggih yang menjadi 'alat' di belakang terciptanya air minum ini.

Resto Ini Daur Ulang Air Limbah Toilet Jadi Air Minum!Ilustrasi: Australia Plus ABC

Sistem memakai 5 langkah pemurnian yang juga termasuk memasukkan mineral ke dalam air minum. Restoran tersebut memang tidak terhubung dengan sistem saluran pembuangan kota sehingga mereka membutuhkan solusi untuk menyelesaikan limbah saluran air.

Sistem daur ulang air limbah toilet yang unik pun dipilih agar limbah dari air toilet, wastafel, dan bak cuci bisa dimanfaatkan kembali. Awalnya air-air kotor itu "dibersihkan" dengan pupuk tanaman, kemudian sebagian dicampur dengan air hujan yang sudah ditampung.

Baca Juga: Kurangi Plastik, Air Mineral Kini Mulai Dijual dalam Kaleng

Air lalu dipakai untuk menyiram toilet, sementara sisanya dialiri ke proses pemurnian yang membuatnya tidak bisa dibedakan dari air ledeng biasa. Air ini bahkan bisa diminum.

Resto Ini Daur Ulang Air Limbah Toilet Jadi Air Minum!Foto: Getty Images

"Air yang hasilnya terlalu murni murni untuk bisa diminum, jadi kami menambahkan mineral untuk membuatnya lebih sehat," ujar perwakilan dari Gust'eaux kepada saluran berita Belgia, VRT News.

Restoran itu menawarkan air daur ulang toilet untuk pelanggan dalam berbagai bentuk. Misalnya saja air minum gratis, es batu, atau bahkan untuk menyeduh kopi. Tak ketinggalan untuk membuat bir, minuman populer di Belgia.

Menurut Sudinfo, sistem pemurnian air yang sama digunakan untuk menyediakan air minum bagi masyarakat yang terisolasi, tetapi pengalaman itu diharapkan di Eropa.

Resto Ini Daur Ulang Air Limbah Toilet Jadi Air Minum!Foto: iStock

Sebelumnya produsen bir besar di Amerika Serikat membuat gebrakan unik. Stone Brewing membuat bir pale ale yang memakai air daur ulang "berasal dari toilet". Awalnya produsen bir tidak yakin akan penggunaan air daur ulang untuk bir.

Namun ternyata air daur ulang pada bir dianggap produsen sebagai salah satu karya terbaiknya. Air daur ulang itu hanya perlu sedikit tambahan garam untuk brewing sempurna. Bir juga disebut-sebut sangat bersih.

Baca Juga: Sluurp! Bir Ini Dibuat dari Air Limbah Toilet Daur Ulang


Simak Video "Idih! Bir Ini Terbuat dari Air Limbah Toilet Daur Ulang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)