Tanpa Toaster, Roti Panggang Renyah Bisa Dibuat dengan 2 Cara Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 27 Okt 2019 07:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Roti panggang jadi favorit saat sarapan. Dioles mentega dan selai rasanya gurih. Tanpa toasterroti panggang bisa dibuat dengan 2 cara ini.

Menyantap roti panggang atau toast yang renyah dengan olesan mentega memang paling nikmat. Apalagi disantap bersama kopi atau teh hangat. Roti panggang enak juga disantap bersama telur, selai kacang atau alpukat iris.

Umumnya roti dipanggang dengan toaster atau pemanggang roti khusua. Tetapi jika tak punya toaster, adat 2 cara membuat roti panggang yang juga bisa dipakai. Dijamin roti panggang tetap renyah di luar dan lembap di dalam.

Baca Juga: Cukup dengan 3 Bahan Bisa Bikin French Toast Enak Buat Sarapan

Tanpa Toaster, Roti Panggang Renyah Bisa Dibuat dengan 2 Cara IniFoto: iStock


1. Gunakan wajan

Jika tidak memiliki toaster, wajan bisa jadi alternatif untuk membuat roti panggang. Panaskan wajan datar berukuran 20-22 cm di atas api sedang dan diamkan selama 1 menit agar panas pada wajan merata.

Sementara menunggu wajan panas, siapkan roti dan oleskan mentega ke satu sisi roti. Setelah semua roti diolesi mentega, langkah selanjutnya, letakkan roti yang sudah diolesi mentega di atas wajan yang sudah panas.

Diamkan selama sekitar 2 menit, jangan lupa tutup wajannya. Ini dimaksudkan agar panas pada pada wajan merata ke seluruh wajan dan membuat roti panggang lebih cepat kering.

Setelah itu oleskan mentega pada sisi yang lain, dan gunakan spatula untuk membalik roti. Kerjakan hal yang sama seperti tahap pertama. Setelah matang, gunakan spatula untuk memindahkannya ke atas piring. Nikmati roti panggang selagi hangat dengan madu, selai buah, selai cokelat maupun selai kacang.

Tanpa Toaster, Roti Panggang Renyah Bisa Dibuat dengan 2 Cara IniFoto: iStock


2. Gunakan oven

Cara lainnya menggunakan oven. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah panaskan oven selama 5 menit pada suhu 180 C.

Selanjutnya letakkan roti yang sudah diolesi dengan mentega ke dalam loyang. Lalu tempatkan loyang di rak paling atas agar panas yang dihasilkan oleh oven bisa langsung ke loyang. Namun jika tidak memiliki loyang, langsung taruh roti Anda di atas rak oven.

Baca Juga: Bosan Roti Panggang? Bikin Saja Milk Toast yang Gampang Ini

Balik roti setelah didiamkan selama 1-2 menit. Namun harus tetap memperhatikan roti. Karena dengan suhu yang tinggi ini roti akan cepat renyah dan juga gosong. Gunakan penjepit yang aman untuk membalikkan roti setelah 1-2 menit.

Jika sudah matang, keluarkan roti dari oven. Dengan oven akan lebih praktis karena roti yang dipanggang bisa lebih banyak sekaligus. Roti panggang siap untuk disantap bersama kopi, susu, atau teh hangat.

Simak Video "Hangout Murah Meriah di Akhir Bulan dengan Aneka Roti Bakar"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com