5 Fakta Mangga Alpukat yang Perlu Kamu Tahu

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 27 Okt 2019 17:00 WIB
Mangga Alpukat. Foto: Istimewa
Jakarta - Mangga alpukat berbeda dengan jenis mangga lainnya. Buah mangga ini memiliki rasa yang manis dan cara makannya juga cukup unik. Penasaran?

Buah mangga mengandung vitamin C dan juga antioksidan. Buah mangga alpukat enak dikonsumsi langsung saat sudah matang. Teksturnya lembut dengan sedikit serat.



Berikut ini beberapa fakta menarik yang dirangkum detikFood :


1. Asal Usul

Nama Mangga Alpukat dikenal ramai di media sosial di akhir tahun 2017. Mangga alpukat sebenarnya bukan perkawinan mangga dengan alpukat. Mangga alpukat adalah buah mangga yang dikupas dan dimakan seperti halnya alpukat. Mangga alpukat ini adalah jenis mangga gadung arum manis dengan klon 143 dan 21.


2. Perbedaan Mangga Alpukat dan Mangga Harum Manis

Mirip dengan mangga harum manis, ternyata keduanya memiliki perbedaan. Buah mangga alpukat memiliki rasa yang lebih manis. Mangga alpukat adalah mangga gadung 21 yang sering disamakan dengan mangga arumanis 143, karena mirip.

Meskipun mirip, tapi keduanya punya perbedaan. Gadung 21 punya ukuran buah yang lebih besar dengan pangkal buahnya yang lebih bulat dibandingkan dengan arumanis 143.

Mangga gadung punya kadar pati yang lebih tinggi dibandingkan dengan arumanis sehingga rasanya berbeda.


Cara memakan mangga alpukat.Cara memakan mangga alpukat. Foto: Istimewa

3. Kadar Air Lebih Rendah

Umumnya, mangga memiliki kandungan air yang cukup tinggi yaitu 86 sampai dengan 90 persen. Namun untuk jenis mangga asal pasuruan, mangga alpukat ini kandungan airnya lebih rendah hanya sekitar 75 sampai dengan 77 persen.

4. Cara Makan Mangga Alpukat

Bukan seperti mangga biasa. Cara makan mangga alpukat ini adalah dengan membelah dua bagian tengahnya dan makan dengan sendok. Layaknya kamu makan buah alpukat.

5. Manfaat Buah Mangga Alpukat

Buah mangga mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Rasanya manis sehingga buah mangga bisa memberikan energi untuk tubuh kamu.



(lus/erd)