Cara Cuci Selada dan Sayuran Hijau untuk Salad

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 26 Okt 2019 13:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Cara cuci selada dan sayuran hijau lainnya perlu diperhatikan, terutama bagi yang hobi makan lalapan atau salad. Ini cara cuci dan menyiapkan selada yang tepat.


Selada adalah sayuran yang banyak ditanam di daerah beriklim sedang atau tropis. Selada umum disajikan sebagai salad atau jika di Indonesia merupakan bagian dari lalapan yang dicocol bersama sambal.


Selada mengandung mineral termasuk iodium, fosfor, besi, tembaga, kobalt, seng, kalsium, mangan, dan potasium yang membuatnya baik untuk menjaga keseimbangan tubuh. Teksturnya yang renyah segar membuat selada jadi sayuran favorit banyak orang.

Cara Cuci Selada dan Sayuran Hijau untuk SaladFoto: iStock

Baca Juga: Selada Tak Perlu Lagi Ditanam di Masa Depan, Ini Alasannya


Sebelum mengonsumsi selada, pastikan memperhatikan cara cuci selada yang benar. Hal pertama setelah Anda membeli selada, jangan langsung masukkan selada Anda ke dalam kulkas. Anda harus membersihkannya terlebih dahulu.


Anda bisa menaruhnya ke dalam wadah, lalu cuci dengan air yang mengalir. Lebih baik lagi jika menggunakan spinner. Rendam dulu selada selama 3-5 menit agar kotoran yang ada di selada turun, lalu putar perlahan dengan spinner.


Setelah mencucinya, Anda bisa menunggu selada kering terlebih dahulu. Menurut Katelyn Nolan Shannon selaku peneliti dari Sweetgreen and Development Chef, sayur seperti selada yang dipanen langsung dari tanah dikhawatirkan akan terkontaminasi bakteri jahat yang akan tumbuh subur di lingkungan yang lembab, dan itu akan membuat sayuran layu dan rusak lebih cepat.


Setelah sayuran dicuci dan dikeringkan, sayuran harus dibungkus dengan benar sebelum disimpan di lemari es. Salah satu cara untuk melakukannya adalah membungkusnya dengan tisu handuk agar tetap lembab dan terhidrasi.


Baca Juga: Unik! Model Ini Kenakan Baju Berbahan Wortel Hingga Selada

Cara Cuci Selada dan Sayuran Hijau untuk SaladFoto: iStock
Setelah dibungkus dengan tisu handuk, masukkan selada ke dalam plastik sebelum di simpan di dalam freezer. Gunanya sebagai penghalang dan memastikan selada tidak akan membeku dan tetap segar. Setelah itu selada bisa digunakan sebagai campuran salad atau dijadikan lalapan bersama sayuran segar lainnya.

Simak Video "Bikin Laper: Menjajal Sate Taichan Terenak di Cengkareng"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/yms)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com