Cara Membuat Nasi Goreng Taiwan ala Restoran yang Pulen Gurih

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 25 Okt 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Nasi goreng Taiwan populer sebagain sajian restoran. Memakai campuran sayuran dan daging olahan. kalau mau membuat sendiri caranya juga mudah.

Mendapat pengaruh dari China, kuliner Taiwan punya banyak kemiripan dengan China. Nasi yang menjadi makanan pokok tak hanya dinikmati sebagai nasi putih tetapi juga sebagai nasi goreng.

Seperti nasi goreng gaya China, nasi goreng Taiwan juga tak memakai kecap. Atau lebih dikenal dengan nasi goreng putih. Tetapi memakai banyak bawang putih dan sedikit minyak wijen hingga aromanya harum.

Nasi semalam yang sudah agak pera merupakan nasi yang cocok buat nasi goreng. Untuk isiannya dipakai ayam asap, daging asap dan sosis. Paduan sayurannya berupa potongan buncis, kacang polong atau wortel yang semuanya dipotong kecil. Rasanya yang gurih ringan membuat nasi goreng ini disukai banyak orang.



Untuk meracik nasi goreng Taiwan, ikuti cara membuatnya berikut ini.

1. Nasi dan bahan lain

Untuk membuat nasi goreng Taiwan, siapkan 2 piring basi (250 gram), 1 butir telur ayam, 5 buah buncis, iris 1/2 cm, 50 g wortel, potong dadu keci, 2 buah sosis yang dipotong kecil dan 1 batang daun bawang iris kasar.

Sebagai bumbunya, siapkan 2 siung bawang putih yang dicincang halus, 1/2 sdt jahe yang dicincang. 1 sdt minyak wijen, 1/2 sdm kaldu bubuk, 1/2 sdt merica bubuk dan 1 sdt garam.

Foto: iStock


2. Tumis bumbu

Panaskan 2 sdm minyak sayur, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan buncis dan wortel, aduk hingga layu. Tambahkan sosis dan daun bawang, aduk sebentar.

Masukkan nasi, minyak wijen, merica dan garam lalu aduk rata. Masukkan nasi putih dan daun bawang, aduk rata. Kocok telur hingga berbuih halus, tuangkan ke dalam nasi goreng. Aduk cepat hingga telur matang dan tercampur rata. Jika suka pedas, tambahkan irisan cabai rawit sesaat sebelum diangkat.

Foto: iStock


3. Sajikan

Angkat, sajikan hangat dengan taburan bawang merah goreng dan kerupuk sesuai selera.




Simak Video "Andriyanto, 'Tukang Nasi Goreng' Asal Sragen yang Berjuang di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)