Dingin Manis Es Krim

5 Rahasia Bikin Gelato Autentik Italia dari Matteo Guerinoni

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 23 Okt 2019 16:30 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Dingin Manis Es Krim

1. Memilih bahan baku yang tepat
Matteo tidak sembarang dalam memilih bahan-bahan pembuatan gelato. "Pilih bahan baku yang paling cocok dengan rasa gelato yang mau dibuat," katanya. Ia pun tidak mau mengorbankan kualitas rasa dari penggunaan bahan yang tidak tepat. Bahkan untuk susu, Matteo memilih sendiri susu segar dari seorang petani sapi perah di Bogor.

Menurutnya karakter rasa dari susu tersebut paling sesuai dengan yang ia cari. Selain susu, bahan baku seperti gula juga ia pilih dengan karakter solid yang tepat. "Solid salah satunya gula. Untuk membuat 'balance base', aku perlu beberapa persen gula. Kalau saya pakai gula biasa atau gula putih, manis sekali," kata Matteo.

Ia pun memilih alternatif gula yang lain. "Gimana caranya es krim nggak manis tapi kuantitas solidnya sama. Aku pakai gula yang berbeda dengan kemanisan yang lebih rendah. Seperti maltodextrine, dextrose, glucose 29 DE," sambungnya. Untuk buah segar, Matteo bahkan tak ragu mengimpor buah berkualitas dari Prancis seperti ragam buah berry. Hal ini ia lakukan untuk mendapat kualitas yang konsisten.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Dingin Manis Es Krim