Punya Sisa Nasi? Racik Jadi Nasi Teh ala Jepang yang Gurih Enak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 24 Okt 2019 05:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kalau bosan mengolah nasi sisa jadi nasi goreng, coba saja racik nasi jadi nasi teh Jepang yang gurih enak. Cara bikinnya juga mudah.

Sebagai negara Asia dengan makanan pokok nasi, Jepang juga punya olahan nasi yang gurih enak. Selain dipadukan dengan telur, nasi di Jepang juga diolah jadi ochazuke, nasi teh ala Jepang yang gurih enak.

Sebenarnya sajian sarapan ini merupakan kebiasaan memanfaatkan nasi sisa. Karena ocha atau teh menjadi minuman utama orang Jepang maka dipadukan juga dengan nasi. Karenanya diberi nama 'ochazuke', ocha artinya 'teh' dan 'zuke' artinya kaldu atau kaldu teh.

Seperti sajian sarapan umumnya yang praktis dan mudah disiapkan, ochazuke hanya perlu waktu 5 menit saja untuk menyiapkan. Selain itu juga mudah disantap. Karena tak perlu peralatan banyak, cukup mangkuk dan sendok.

Untuk meracik nasi teh ala Jepang yang gurih enak ini hanya diperlukan 3 bahan saja.

Punya Sisa Nasi? Racik Jadi Nasi Teh ala Jepang yang Gurih EnakFoto: iStock

1. Nasi hangat (bisa nasi sisa yang ada dalam kulkas) - 1 mangkuk

2. Bahan taburan seperti nori, daun bawang iris, abon/abon pedas, sisa lauk (suwiran ayam, udang, daging tumis) atau keringan (kering kentang/tempe) atau furisake (bahan taburan khas Jepang yang dijual di supermarket).

Punya Sisa Nasi? Racik Jadi Nasi Teh ala Jepang yang Gurih EnakFoto: iStock


3. Teh jepang (ocha) atau teh hijau Jepang (bisa diseduh dari teh daun atau teh kantung)

Kini saatnya meracik. Taruh nasi dalam mangkuk, sesuaikan jumlah nasi dengan selera. Kemudian beri taburan, dengan bahan sesuai selera dan ada dalam persediaan. Terakhir tuangi air teh panas hingga nasi terendam teh.

Punya Sisa Nasi? Racik Jadi Nasi Teh ala Jepang yang Gurih EnakFoto: iStock


Biarkan beberapa saat hingga nasi menjadi agak lunak dan menjadi hangat. Nikmati selagi hangat. Nasi menjadi sumber karbohidrat dan teh menjadi kaldu ringan yang menghangatkan perut. Karenanya sajian ini termasuk sarapan populer yang disukai warga Jepang.

Di Jepang ochazuke atau nasi teh ala Jepang yang gurih enak ini diberi aneka topping. Mulai dai omeboshi (asinan plum), salmon panggang, telur ikan, fillet kakap/tuna, dan lain-lain. Karena merupakan sajian sarapan praktis maka para ibu di Jepang banyak memanfaatkan lauk atau bahan sisa makan malam.

Simak Video "Nikmatnya Madumongso yang Bikin Ketagihan"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)