Bikin Gelato Sejak Usia 18, Matteo Guerinoni Selalu Cari yang Sempurna

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 23 Okt 2019 15:15 WIB
Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Dingin Manis Es Krim
Jakarta - Matteo Guerinoni dikenal sebagai komentator MotoGP. Namun belum banyak orang tahu sisi lainnya sebagai chef yang ahli bikin gelato enak.

Ditemui detikFood (22/10) di pabrik gelato il Gelato di Matteo di kawasan BSD city, Matteo bercerita soal awalnya membuat gelato. Semua bermula ketika pria kelahiran Bergamo, Italia ini berusia 18 tahun. "Waktu itu aku masih tinggal di Italia, mama aku meninggal, aku harus kerja keras. Keluar dari sekolah, aku langsung kerja dan kerjaan pertama aku membuat gelato," katanya.

Ia mempelajari seluk beluk pembuatan gelato termasuk bisnisnya secara otodidak. Matteo berujar, "Saya belajar banyak dari master-master pembuat gelato. Setiap pagi aku datang jam 5 pagi (ke toko gelato) dan toko tutup jam 10 malam, aku masih di sana. Di situ sekolah paling bagus buat aku."

Bikin Gelato Sejak Usia 18, Matteo Guerinoni Selalu Cari yang SempurnaFoto: dok. detikFood

Pria 51 tahun ini kemudian pindah ke Indonesia pada tahun 1993. Bisnis kuliner pertama Matteo adalah restoran Pisa Kafe Menteng yang menawarkan ragam hidangan Italia termasuk gelato. "Tahun 1996-1997 bisa jual sampai 4 ton gelato per bulan. Dari situ aku juga buka beberapa usaha kuliner," tambahnya. Namun dalam perjalanannya, ada beberapa bisnis kuliner yang ia tinggalkan karena beberapa hal.

Di tahun 2012 barulah Matteo membuka perusahaan gelato. "Dari 2012 sampai 2018, waktu saya berhenti dari dunia Food & Beverage (F&B), perusahaan pelan-pelan tapi maju. Waktu saya tinggal bisnis restoran dan gabung lagi di bisnis ini yang sudah maju, jadi lebih maju lagi," tutur ayah dua anak ini. Sekarang il Gelato di Matteo buatan Matteo menjadi pemasok besar untuk banyak hotel dan restoran di Jakarta.

"Nama (gelatonya) nama saya sendiri. Karena resep dan semuanya, saya sendiri yang bikin," tambah Matteo. Ia juga menjelaskan perbedaan mendasar antara gelato dan es krim. "Sebetulnya kalau es krim di bahasa Italia adalah gelato. Tapi ada beda antara gelato dan es krim. Kalau gelato homemade, kalau es krim industrial-made," kata Matteo.

Bikin Gelato Sejak Usia 18, Matteo Guerinoni Selalu Cari yang SempurnaFoto: dok. detikFood

Ia melanjutkan, "Homemade berarti kita bikin sendiri, punya resep sendiri, dan dibikin fresh segar setiap hari. Kalau industrial-made tidak dibuat fresh setiap hari dan pakai lebih banyak konservan atau pengawet supaya tahan lama. Gelato fresh dan konsumsinya nggak bisa lama-lama." Matteo menilai aspek menyeimbangkan 'freezing point' sangat penting dalam pembuatan gelato.

Begitu juga dengan suhu yang berperan menjaga konsistensi atau tekstur gelato. "Gelato kadang-kadang keras banget, kadang lumer, semuanya karena gelato tersebut tidak balance. Kalau bisa dibilang aku fanatik untuk itu. Aku selalu mencari yang sempurna," sambungnya.

Disinggung soal kecintaanya akan gelato, pria ramah ini mengatakan gelato sudah lekat dengan kesehariannya sejak ia kecil. Matteo berujar, "Aku ingat waktu kecil sampai umur 18, aku tinggal di apartemen lantai 5. Di lantai dasarnya ada toko gelato besar sekali. Enak banget. Aku ingat hampir setiap malam, kalau ibu atau bapak saya kasih uang sedikit, saya ke bawah. Aku makan gelato terus, suka banget."

Bikin Gelato Sejak Usia 18, Matteo Guerinoni Selalu Cari yang SempurnaFoto: dok. detikFood

Matteo pun mantap memilih jalan hidupnya menjadi seorang pebisnis kuliner. Ia meninggalkan pekerjaan lainnya kala itu sebagai land surveyor. Pria yang juga memasok mesin kopi dari Italia ini bercerita, "Aku kalau pagi kerja di kantor land surveyor. Kalau dari jam 8 malam sampai 2 pagi aku kerja di bisnis restoran dan gelato. Lama-lama antara dua ini aku harus ambil keputusan."

"Aku ambil kuliner karena fun banget. Ketemu orang setiap hari, fun-nya beda. Aku kerja keras sekali untuk sampai titik ini. Selain kerja keras, tanpa bantuan Tuhan saya nggak bisa apa-apa, itu saya percaya," pungkas Matteo.



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Gelato ala Chef Matteo!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Dingin Manis Es Krim