Disangka Kokain, Pria Ini Nyaris Dipenjara 15 Tahun Karena Bawa Susu Bubuk

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 23 Okt 2019 13:45 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kasus salah tangkap ini hampir saja membuat seorang pria mendekam di penjara selama 15 tahun. Hanya karena pria ini membawa susu bubuk saja.

Dikutip dari The Washington Post (23/10), seorang pria bernama Cody Gregg, di Oklahoma, Amerika Serikat, sempat menjadi korban salah tangkap oleh kepolisian yang ada di sana. Pria berusia 26 tahun ini adalah gelandangan yang barang-barangnya digeledah oleh polisi.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Dipakai Untuk Penyelundupan Narkoba

Cody saat itu ditangkap oleh pihak polisi, setelah mereka menemukan adanya kaleng kopi di dalam tasnya. Di dalam kaleng kopi itu, terdapat plastik bening berisi bubuk putih. Ia pun akhirnya dipenjara, karena dianggap membawa narkoba jenis kokain. Kokain sendiri merupakan narkoba paling berbahaya karena daya adiktifnya yang sangat tinggi.
Disangka Kokain, Pria Ini Nyaris Dipenjara 15 Tahun Karena Bawa Susu BubukFoto: Istimewa

Tapi setelah dua bulan mendekam di dalam penjara, baru-baru ini ia dinyatakan tak bersalah. Karena yang mereka temukan ternyata susu bubuk. Sebelumnya pihak kepolisian sudah menjatuhkan hukuman penjara selama 15 tahun. Namun, kasus ini ternyata berkembang dan Cody dinyatakan bersih dari narkoba.

Dari laporan kasus ini, pihak polisi yang menanganinya mengaku bahwa ia menemukan bubuk putih, yang dipercaya sebagai narkoba jenis kokain.

"Ada bungkus besar berisi bubuk putih, yang saya percaya sebagai kokain melalui pengalaman saya dan pelatihan yang telah saya jalani. Hasil bubuk ini juga positif kokain, dengan total berat sebanyak 45,91 grams," ungkap pihak polisi tersebut dalam laporan tertulis.

Namun ternyata itu semua salah, karena sang polisi menggunakan tes narkoba yang tidak bisa diandalkan.

Cody dibebaskan setelah hasil tes dari lab menunjukkan bahwa bubuk putih yang dibawa Cody, bukanlah narkoba melainkan hanya susu bubuk. Karena kesalahan pihak kepolisian, Cody pun dibebaskan dari dalam penjara.
Disangka Kokain, Pria Ini Nyaris Dipenjara 15 Tahun Karena Bawa Susu BubukFoto: Istimewa

Menurut penuturan Cody, ia mendapatkan susu bubuk itu dari salah satu dapur makanan yang dikunjunginya. Kemudian Cody langsung dijatuhkan hukuman penjara, setelah Cody menolak tidak ingin dipenjara di Oklahoma selama proses percobaan hukumannya berjalan.

Namun kini Cody merasa lega setelah terbukti tak bersalah, dari hasil tes di lab yang membuktikan bahwa Cody tidak pernah membawa kokain di dalam tasnya, dan terhindar dari hukuman 15 tahun penjara.

Praktek menyembunyikan narkoba dalam makanan memang sering terjadi. Sebelumnya seorang wanita kedapatan membawa durian berisi heroin senilai Rp 3,2 miliar.

Baca Juga: Durian Isi Heroin Senilai Rp 3,2 M Gegerkan Bandara Subang




Simak Video "Silong, Sashimi khas Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)