Unik! Pyong-yang Pub, Bar Bertema Korea Utara yang Ada di Seoul

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 23 Okt 2019 11:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Bar bertema Korea Utara ada di Seoul, Korea Selatan. Pengunjung bisa rasakan sensasi rezim Korea Utara di bar ini.


Bar bertema Korea Utara ini menghadirkan sensasi bersantap istimewa. Interiornya didukung banyak poster-poster wanita Korea Utara yang tersenyum. Ada juga spanduk dalam gaya propaganda Korea Utara. Anda juga bisa memesan bir yang langsung didatangkan dari Korea Utara.


Dirangkum dari CNN Korea (21/10), berikut 4 fakta menarik tentang bar Pyongyang Pub yang jadi bahan perbincangan di Korea Selatan.

Baca Juga: Intip Selera Makan Mewah Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Unik! Pyong-yang Pub, Bar Bertema Korea Utara yang Ada di SeoulFoto: Istimewa
1. Suasana Pyongyang Pub


Rezim otoriter yang berlaku di Korea Utara membuat negara tersebut bukan tempat yang mudah untuk dikunjungi. Korea Utara dan Korea Selatan secara teknis masih berperang, dan menurut warga Korea Selatan yang berkunjung ke kafe Pyongyang Pub ini seperti sedang berada di Korea Utara yang asli.


Di sini, Anda dapat memesan apa yang dimakan orang Korea Utara, mencoba hanbok tradisional (pakaian) khas Korea Utara, dan melihat barang-barang rumah tangga buatan Korea Utara, termasuk pasta gigi, kosmetik, dan rokok.


Meski banyak tempat lain di Seoul yang menyajikan hidangan Korea Utara, namun bar ini adalah bar pertama di Seoul yang benar-benar menawarkan suasana seperti di Korea Utara. Dengan kata lain, Anda seperti masuk ke kerajaan Hermit yang sangat 'menakutkan' itu.

Unik! Pyong-yang Pub, Bar Bertema Korea Utara yang Ada di SeoulFoto: Istimewa

2. Sisi lain bar Pyongyang Pub


Bar yang terletak di kawasan Hongdae ini sekelilingnya dipenuhi dengan butik-butik modis, restoran, dan kafe yang trendi. Kawasan Hongdae ini dekat dengan area kampus yang letaknya ada di sebelah Sungai Han. Juga merupakan markas dari YG Entertainment salah satu label K-POP terbesar. Dengan kata lain, kawasan ini adalah kawasan anak muda.


Namun bar ini lain dan unik konsepnya, karena sangat berbeda dari kebanyakan bar, restoran, dan kafe yang tersebar di kawasan Hongdae ini. Slogan propaganda yang lucu juga hadir di Pyongyang Pub ini. Slogannya seperti 'minum yang banyak untuk pertemanan' dan 'mari kita membuat lompatan baru ke depan dalam konstruksi dari minuman pembangkit tenaga.'


Kim pemilik dari bar ini menceritakan bahwa sekitar 2 tahun lalu ia ingin membawa makanan Korea Utara agar bisa dirasakan oleh warga Korea Selatan. Lalu ia melakukan pencarian gambar-gambar di media sosial dari orang yang bekerja di Kedutaan Besar Korea Utara, juga berkonsultasi dengan orang asli Korea Utara.


Kim ingin menyajikan suasana yang benar-benar mirip dengan suasana yang hadir di Korea Utara. Kim pun menghiasi bar itu dengan barang-barang asli Korea Utara yang diselundupkan keluar melalui Tiongkok.

Baca Juga: Sajikan Dessert Bergambar Pulau Sengketa di Korea Utara Summit Jepang Marah


Unik! Pyong-yang Pub, Bar Bertema Korea Utara yang Ada di SeoulFoto: Istimewa


3. Menu di Pyongyang Pub


Sebelumnya bar ini adalah sebuah restoran Jepang yang Kim kelola. Namun adanya masalah perdagangan antara Korea Selatan dengan Jepang membuat penjualan turun sebanyak 50%, dengan alasan tersebut Kim menutup restoran Jepang tersebut.


Setelah itu, Kim akhirnya membuka bar Pyongyang Pub ini. Menu yang disajikan di bar ini tak hanya bir khas Korea Utara, tapi juga ada menu seperti nasi dengan tahu yang diasinkan, sundae beras manis, dan kue beras kentang. Menu lain yang direkomendasikan dari bar ini yaitu nasi berbumbu dengan daging campur kedelai, panekuk jagung, dan Pyongyang Naengmyeon (hidangan mie dingin khas Korea Utara).


Namun bar tersebut ternyata menjadi kontroversi, pasalnya adanya bar tersebut melanggar Undang-Undang Keamanan Nasional Korea Selatan yang sudah berusia 71 tahun tentang pelanggaran memuji organisasi anti-pemerintah, seperti Korea Utara. Namun Polisi dari kawasan distrik Mapo-gu telah memutuskan bar tersebut tidak melanggar Undang-Undang yang berlaku.

Unik! Pyong-yang Pub, Bar Bertema Korea Utara yang Ada di SeoulFoto: Istimewa


4. Menjadi buah bibir di Seoul


Bar ini menjadi buah bibir di Seoul, Korea Selatan karena 'kontroversi' tentang Korea Utara. Sehingga menarik pelanggan lokal maupun asing untuk berkunjung ke bar unik satu ini.

Menurut Byeon Yoon Sook salah satu pelanggan dari Pyongyang Pub, bar ini menjadi buah bibir sehingga ia pun penasaran dan akhirnya berkunjung ke bar ini besama teman-temannya. Menurut Yoon Suk, bar ini juga memiliki desain interior yang sangat unik dan seperti sedang berada di Korea Utara sungguhan.


Simak Video "Crispy Sirsak Saus Haliwungan yang Bikin Ketagihan!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)