Cara Membuat Mina, Mie Campur Nasi yang Enak Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 22 Okt 2019 05:30 WIB
Foto: Instagram @thegourmetboy Foto: Instagram @thegourmetboy
Jakarta - Mina alias mie nasi merupakan perpaduan mie dan nasi yang disajikan bersama. Rasanya tentu saja lebih mantap mengenyangkan. Cara membatnya juga mudah.

Kalau di Jawa Tengah dan Yogyakarta mina dikenal sebagai nasi mawut atau nasi goreng mawut atau magelangan. Nasi dan mie digoreng bersama dan disajikan dengan kerupuk dan acar mentimun.

Konon mie ini diciptakan karena orang yang galau, mau pesan nasi goreng tapi pengin mie goreng. Karenanya banyak penjual mie Jawa gerobak mennyajikan pilihan ini. Mie campur ini dirasakan lebih mengenyangkan dan memuaskan.



Kalau mau meracik sendiri mina alias mawut caranya juga tidak sulit. Cukup ikuti beberapa langkah berikut ini.

Cara Membuat Mina, Mie Campur Nasi yang Enak Buat SarapanFoto: iStock


1. Nasi dan mie

Untuk membuat mina, siapkan 1 piring nasi putih dan 50 g mie kering. Seduh mie kering hingga lunak. Sebagai bahan pelengkapnya, 2 lembar daun kol, diiris kasar, 1 batang daun bawang diiris kasar dan 1 butir telur ayam.

2. Bumbu

Sebagai bumbunya, haluskan 2 siung bawang putih, 2 butir bawang merah, 1 butir kemiri, 3 buah cabai rawit merah, 1/4 sdt terasi, 4 butir merica dan 1/2 sdt garam. Siapkan juga 3 sdm minyak dan 2 sdm kecap manis. Sebagai pelengkapnya, 50 gram ayam rebus/panggang/goreng suwir halus.

Cara Membuat Mina, Mie Campur Nasi yang Enak Buat SarapanFoto: iStock


3. Buat mie goreng

Sebagai tahap pertama buat mie goreng. Tumis bumbu halus hingga wangi dan matang. Masukkan daun kol dan daun bawang, aduk hingga layu. Tambahkan kecap manis dan 200 ml air, didihkan.

Besarkan api, masukkan mie, aduk-aduk hingga tercampur rata. Sisihkan di pinggir wajan, masukkan telur, aduk cepat hingga berbutir kasar. Tambahkan nasi, aduk hingga seluruhnya tercampur rata dan nasi agak lembap.

Cara Membuat Mina, Mie Campur Nasi yang Enak Buat SarapanFoto: iStock


4. Penyajian

Angkat mina atau mawut, taruh di piring saji. taburi daging ayam suwir, bawang merah goreng. Beri kerupuk dan acara mentimun. Telur bisa disajikan sebagai telur mata sapi atau telur dadar.

Baca juga: Nasi Mawut


Simak Video "Ada Keju Sekeras Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)