Resep Bubur Ayam Sederhana dan Praktis Untuk Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 21 Okt 2019 05:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Mau bikin bubur ayam yang praktis buat sarapan? Ada 2 resep bubur ayam sederhana yang enak buat diberi aneka topping. Ikuti saja langkah-langkah praktisnya.

Jika sedang flu atau sakit perut, bubur ayam sederhana bisa jadi pilihan. Selain lebih mudah dicerna, rasa hangat dan lembutnya membuat perut nyaman. Apalagi bisa diberi tambahan aneka topping sesuai selera.

Bubur ayam sebenarnya pengaruh dari kuliner China. Dibuat agar lebih mudah dinikmati. Tetapi ada juga anggapan bahwa bubur nasi dibuat oleh orang miskin karena hanya memakai sedikit beras saja. Tetapi kini bubur ayam sudah mendunia dan dianggap sebagai 'comfort food' orang Asia. Enak dimakan di pagi hari dan nikmat juga dinikmati malam hari.

Ada dua cara membuat bubur nasi. Pertama memakai beras mentah yang sedikit lebih lama memasaknya. Yang kedua memakai cara praktis dengan nasi yang sudah matang. Keduanya sama enaknya. Hanya waktu pembuatannya yang berbeda. Bubur bisa dibuat kental atau encer dan halus.

Untuk membuat bubur ayam sederhana, berikut ini langkah-langkahnya.


Resep Bubur Ayam Sederhana dan Praktis Untuk SarapanFoto: iStock



1. Beras

Bubur ayam sederhana memakai beras atau nasi sebagai bahan utama. Pilih beras yang pulen dan cuci bersih. Siapkan 100 gram beras dan 2 liter air. Jika ingin rasa lebih gurih enak, gunakan kaldu ayam asli. Untuk cara praktis membuat bubur, siapkan 200 gram nasi matang.

Resep Bubur Ayam Sederhana dan Praktis Untuk SarapanBubur dengan tekstur halus, creamy dan kental. Foto: iStock


2. Rebus beras

Taruh beras dalam panci, tuangi air dan masak dengan api sedang hingga beras pecah, matang dan air perebus susut. Jika sudah mulai mengental, kecilkan api dan masak hingga seluruh nasi menyatu dan kental.

Untuk cara praktis, taruh nasi dalam panci, tuangi air dan masak hingga nasi hancur dan mulai mengental. Didihkan dengan api kecil hingga seluruh nasi lumat dan kental.

Daging ayam bisa dimasak bersama bubur agar lebih menyingkat waktu. Siapkan 100 gram daging ayam yang dicincang agak halus. Masukkan ke dalam bubur dan masak bersama bubur hingga matang dan mengental.

Resep Bubur Ayam Sederhana dan Praktis Untuk SarapanBubur dengan tekstur kasar dan kental. Foto: iStock


3.Kekentalan

Soal kekentalan bubur ayam sederhana, tergantung selera. Ada yang suka bubur lembek, halus dan agak encer. Untuk bubur seperti ini, setelah nasi lembek, tambahkan air panas dan rebus sampai mendidih dan kental.

Jika ingin tekstur kental dengan butiran beras, sebaiknya setelah nasi merekah dan mulai lumat, masak hingga airnya susut dan bubur jadi kental.

Resep Bubur Ayam Sederhana dan Praktis Untuk SarapanFoto: Instagram


4. Topping

Saat memasak bubur ayam sederhana ada baiknya tidak ditambahkan garam dan merica. Garam, merica bubuk dan kecap manis bisa ditambahkan saat menyajikan bubur.

Topping bubur bisa berupa suwiran daging ayam rebus atau ayam tumis kecap. Manfaatkan sisa ayam goreng atau ayam kecap untuk topping bubur. Bisa juga memakai abon ayam atau abon sapi yang lebih praktis.

Pelengkap lainnya bisa memakai cakue yang diiris halus, daun bawang iris, telur rebus/telur asin dan taburan bawang merah goreng. Kecap manis, kecap asin, saus cabai, merica bubuk dan garam bisa disajikan terpisah.





Simak Video "Menjajal Bubur Ayam Bandi yang Eksis Sejak 1998"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)