Shabu-shabu Lezat Sehat

Asal Doyan, Shabu-Shabu Jepang Bisa Dicampur Apa Saja

Devi Setya - detikFood Sabtu, 19 Okt 2019 16:00 WIB
Foto: Devi S. Lestari/detikFood Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jakarta - Secara original, shabu-shabu Jepang hanya terdiri dari daging sapi dan sayuran. Tapi menurut chef Jepang, sah saja mengolah banyak bahan untuk shabu-shabu.

Ditemui detikFood di Jakarta (18/10) Chef Tomoaki Ito selaku Executive Chef Jepang di Restoran Yoshi Izakaya, Gran Melia, mengatakan shabu-shabu Jepang sangatlah simpel. Bahan utamanya hanya kaldu, daging sapi dan sayuran.

Shabu-shabu lalu dimakan dengan saus cocolan yakni saus ponzu atau goma. Dalam versi klasik, tiga komponen ini bisa disebut sebagai shabu-shabu. Tapi kini seiring perkembangan zaman, shabu-shabu dilengkapi berbagai bahan tambahan mulai dari daging ayam, seafood, aneka bakso dan bahan lainnya.
Asal Doyan, Shabu-Shabu Jepang Bisa Dicampur Apa SajaFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Baca juga : 5 Restoran Shabu-shabu Ini Sajikan Daging Sapi Premium

Chef Tomoaki Ito dari Restoran Yoshi Izakaya, Gran Melia Jakarta mengatakan sekarang ini orang menyantap shabu-shabu dengan banyak isian. Hal ini ternyata sah saja dilakukan. Tidak ada pantangan apapun ketika menyantap shabu-shabu gaya Jepang.

"Semua boleh, ada yang tidak terlalu suka daging, bisa makan ayam atau udang. Tapi memasaknya tidak seperti daging," ujar pria yang akrab disapa Chef Ito ini.

Selain isian, biasanya yang dikreasikan adalah pilihan kaldu. Banyak orang suka kaldu yang pedas, dan shabu-shabu termasuk yang bisa juga dimasak dengan kaldu pedas. "Ada spicy, yang suka sup (kaldu)pedas boleh saja pakai kaldu spicy. Karena (kaldu) original rasanya tawar," lanjut Chef Iko yang lahir dan besar di Jepang.

Berbeda dengan santap sushi yang punya beberapa aturan, melahap shabu-shabu Jepang ternyata tidak banyak aturan. Semua bahan, kaldu hingga saus bisa disesuaikan dengan selera.
Asal Doyan, Shabu-Shabu Jepang Bisa Dicampur Apa SajaFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Namun yang harus diperhatikan, teknik memasak shabu-shabu. Bahan pertama yang harus dimasak yakni sayuran dengan tekstur keras dan tebal seperti wortel dan jamur berukuran besar. Untuk sayuran jenis daun bisa dimasak sambil makan karena sayuran ini bisa matang dengan cepat.

Sementara daging, harus dimasak saat akan dimakan. Pastikan kuah kaldu mendidih, lalu ambil selembar daging kemudian rebus dengan cara dilambaikan beberapa kali lalu angkat dan langsung santap dengan sausnya. Cara ini seolah jadi standar resmi makan shabu-shabu Jepang karena asal usul nama shabu-shabu berawal dari gerakan mengayunkan daging ini.

Baca juga : Inilah Dashi, Kaldu Paling Penting untuk Shabu-shabu Jepang

Simak Video "Nikmatnya Shabu-Shabu khas Mongolia dengan Potongan Daging Domba"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)