Resep Nasi Goreng Jawa Sederhana yang Sedap

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 19 Okt 2019 07:00 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Akhir pekan bisa Anda awali dengan meracik nasi goreng Jawa yang sedap. Bumbu ulek yang spesial dengan terasi bikin rasa nasi goreng jadi sedap. Bikin yuk!

Hampir di tiap daerah di Indonesia punya racikan nasi goreng yang khas. Seperti di Sumbatera Barat ada nasi goreng rendang atau di Jawa Barat ada nasi goreng kencur. Di daerah Jawa Tengah juga dikenal nasi goreng Jawa. Ciri khasnya bumbunya sederhan dengan tambahan terasi yang harum

Bumbu ulek nasi goreng Jawa biasanya ditambahkan terasi dan kemiri. Ada aroma wangi terasi yang sedap dan rasa gurih kemiri yang enak, juga rasa legit dari kecap manis. Campuran bahannya bisa suwiran ayam, telur goreng atau telur dadar. Disajikan dengan kerupuk kanji dan acar mentimun worel.

Untuk membuat nasi goreng Jawa sederhana, yang penting diperhatikan adalah nasi putih. Gunakan nasi yang tak terlalu lembek juga tidak terlalu pera. Sebagai campuran bisa ditambahkan irisan daun kol atau sawi hijau.

Mau bikin nasi goreng Jawa sederhana untuk sarapan di akhir pekan? Berikut ini beberapa tahapan yang mudah diikuti.


Resep Nasi Goreng Jawa Sederhana yang SedapFoto: dok. detikFood



1. Bumbu ulek

Untuk bumbu nasi goreng Jawa, dengan bahan 2 piring nasi siapkan bumbu nasi goreng Jawa sederhana ini. Siapkan 3 buah cabai merah keriting, 2 buah cabai rawit merah, 2 butir bawang merah, 1 siung bawang putih, 1 butir kemiri, 1/2 sdt terasi, 1/2 sdt merica butran dan 1 sdt garam. Ulek atau tumbuk semua bahan bumbu nasi goreng Jawa ini hingga halus.

2. Bahan lain

Siapkan 2 piring nasi, 2 sdm minyak sayur, 1 sdm kecap manis, 3 batang sawi hijau atau 2 lembar daun kol yang diiris kasar. Dua butir telur bisa dibuat dadar atau telur goreng.

Sebagai isiannya bisa disiapkan 60 g daging ayam rebus yang diiris kasar dan 3 butir bakso sapi yang diiris tipis.

Resep Nasi Goreng Jawa Sederhana yang SedapFoto: iStock


3. Tumis bumbu

Panaskan 2 sdm minyak sayur, tumis bumbu halus hingga wangi dan berbutir halus. Masukkan sawi atau daun kol, ayam dan bakso, aduk hingga layu. Tambahkan nasi, tambahkan kecap dan aduk-aduk hingga tercampur rata.

Resep Nasi Goreng Jawa Sederhana yang SedapFoto: istimewa


4. Sajikan
Sajikan nasi goreng dengan telur dadar yang diiris kasar atau telur mata sapi, kerupuk dan acar mentimun.

Umumnya nasi goreng jawa sederhana dibuat oleh penjual nasi goreng dengan api kayu atau api arang atau kompor mawar atau kompor joss. Ini agar teaktur nasi jadi renyah agak kering tetapi tetap pulen.

Jika ada kompor gas atau minyak, setelah bumbu ditumis , besarkan api agar nasi bisa jadi renyah kering di bagian luarnya. Smeentara untuk telur pelengkap nasi goreng Jawa sederhana bisa dibikin telur dadar atau omelet, telur gorang atau telur orak-arik (crambled egg).

Sementara untuk acar mentimun pelengkap nasi goreng Jawa sederhana, bisa dibuat sendiri. Belah mentimun putih, buang isinya lalu potong dadu. Siapkan juga wortel dengan ukuran yang sama. Taruh keduanya dalam mangkuk, taburi sedikit garam dan remas-remas hingga berair. Tiriskan.

Taruh mentimun dan wortel dalam wadah, beri cabai rawit hijau. Tuangi dengan air masak yang sudah dicampur dengan sedikit cuka masak. Tutup wadah dan simpan dalam lemari es.



Simak Video "Puas Menjajal Rice Bowl Lidah Sapi yang Mengenyangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)