Yuk, Bikin Spaghetti Aglio Olio yang Praktis Buat Sarapan!

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 17 Okt 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Spaghetti aglio olio merupakan menu favorit di banyak restoran. Bisa dinikmati kapan saja. Cara membuatnya juga gampang dan praktis.

Spaghetti aglio e olio yang sering disingkat spaghetti aglio olio merupakan olahan pasta yang sangat praktis dan mudah dibuat. Cukup memakai 4 bahan yang mudah didapat. Karenanya gampang dibuat juga untuk sarapan.

Sesuai dengan namanya 'spaghetti aglio e olio', spaghetti ini terdiri dari pasta jenis spaghetti, bawang putih dan minyak zaitun. Kadang-kadang ditambahkan dengan serpihan cabai kering dan disebut sebagai spaghettu olio e peperomcino. Umumnya penyajiannya hanya diberi taburan keju parmesan parut dan perteseli cincang.

Mau bikin spaghetti aglio olio buat sarapan? Caranya mudah dan praktis, ikuti 3 langkah ini.



Yuk, Bikin Spaghetti Aglio Olio yang Praktis Buat Sarapan!Foto: iStock


1. Rebus pasta

Siapkan 250 gram spaghetti kering yang berkualitas bagus. Didihkan 2 liter air dengan sedikit garam. Masak hingga spaghetti matang. Tiriskan sapghetti sisakan 200 ml air perebusnya.

Yuk, Bikin Spaghetti Aglio Olio yang Praktis Buat Sarapan!Foto: iStock


2. Tumis bumbu
Panaskan 3 sdm minyak olive, tumis 3 siung bawang putih yang dicincang halus hingga wangi. Masukkan spaghetti berikut air perebus (200 ml) yang disisihkan.
Tambahkan 1/2 sdt merica bubuk dan 1 sdt garam dan 2 sdt serpihan cabai kering (jika suka pedas). aduk hingga tercampur rata.

Yuk, Bikin Spaghetti Aglio Olio yang Praktis Buat Sarapan!Foto: Istimewa


3. Taburi keju

Tuang spaghetti di piring saji. Jika suka bisa ditambahkan irisan vabai rawit. Taburi keju parmesan bubuk atau parut. Sajikan segera. Jika suka bisa ditambahkan sosis yang diiris kasar dan ditumis atau telir rebus atau telur mata sapi atau poached egg sebagai topping.



Simak Video "Menyantap Spaghetti dan Selfie Asyik di Kafe Instagenik"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)