Sudah Kenyang Tapi Tak Bisa Tolak Godaan Dessert? Ini Sebabnya

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 16 Okt 2019 10:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Meski sudah kenyang, banyak orang tak bisa menolak godaan dessert dan berakhir memakannya. Ternyata ada alasan ilmiah di balik hal ini.

Saat pergi makan bersama keluarga atau kerabat di restoran favorit, pasti Anda akan memesan menu yang dapat membuat kenyang. Namun, kamu pasti pernah mengalami situasi dimana kembali buka menu dan melihat berbagai macam dessert yang menarik untuk dipesan.

Penjelasan ilmiah di balik fenomena ini sebenarnya sangat mudah dan ini berhubungan dengan kamu yang cepat merasa bosan. Fenomena dimana kamu semakin banyak makan dengan jenis makanan yang sama, lama-kelamaan makanan tersebut tidak menarik lagi.

Sudah Kenyang Tapi Tak Bisa Tolak Godaan Dessert? Ini SebabnyaFoto: iStock

Saat kamu memandang makanan tersebut tidak menarik lagi, maka yang kamu lakukan membuka buku menu dan memesan dessert. Hal tersebut terjadi karena dessert memiliki penampilan menarik dan menghadirkan pengalaman baru dari segi rasa dan aroma.

Baca Juga: 12 Dessert Populer yang Sudah Ada Sejak Tahun 1900-an

Dessert dapat menyalakan kembali nafsu makanmu dengan mengabaikan kenyang yang kamu rasakan. Intinya, dessert telah menipu otakmu untuk berpikir bahwa kamusebenarnya tidak kenyang.

Selain itu ada faktor lain yang bisa menjelaskan mengapa kamu selalu punya cukup ruang untuk pencuci mulut. Gula yang terkandung dalam dessert yang kamu makan dapat menstimulasi efek relaksasi di perut.

Sudah Kenyang Tapi Tak Bisa Tolak Godaan Dessert? Ini SebabnyaFoto: iStock

Kondisi tersebut berakibat mengurangi sensasi kenyang. Sehingga tak heran kamu bisa mengonsumsi makanan penutup atau dessert, bahkan setelah makan sampai kenyang.

Baca Juga: Panas Meleleh, 5 Dessert Ini Siap Jadi Santapan Akhir Pekan


Simak Video "Resep Bikin Che Chuoi, Dessert Tradisional dari Vietnam"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)