Resep Sambal Goreng Ati Enak dan Mudah

Puti Yasmin - detikFood Senin, 14 Okt 2019 15:30 WIB
Resep Sambal Goreng Ati Enak dan Mudah/Foto: detikfood Resep Sambal Goreng Ati Enak dan Mudah/Foto: detikfood
Jakarta - Masakan sambal menjadi bagian dari makanan Indonesia yang tak boleh dilewatkan. Ada banyak macam sambal misalnya sambal goreng ati. Nah, seperti apa resep sambal goreng ati yang enak dan mudah?

Ada banyak varian resep sambal goreng ati, misalnya sambal goreng ati sapi, ati ampela ayam, maupun sambal goreng ati kentang kering. Semua tergantung selera masing-masing.



Resep Sambal Goreng Ati Enak dan MudahResep Sambal Goreng Ati Enak dan Mudah Foto: detikFood


Nah, berikut resep sambal goreng ati yang dirangkum detikFood:

Pertama-tama tumis bumbu berupa 6 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, 2 buah cabai merah, 3 butir kemiri, dan cabai merah kering sesuai selera yang telah dihaluskan.

Setelah bumbu halus masak, tambahkan 1 lembar daun salam,dua lembar daun jeruk, serta 1 lengkuas dan 2 batang serai yang telah dimemarkan.

Tahap resep sambal goreng ati selanjutnya, siapkan empat ati ayam atau sapi (pilih salah satu tergantung selera) yang dipotong dadu. Namun, sebelumnya dipotong pilih ati yang segar dan rebus dalam keadaan utuh.



Resep Sambal Goreng Ati Enak dan MudahResep Sambal Goreng Ati Enak dan Mudah Foto: dok. detikFood

Ketika ati sudah matang, masukkan ke dalam bumbu halus yang telah dimasak tadi. Aduk rata bumbu dan daging agar meresap agar nikmat.

Terakhir, sambal goreng ati bisa ditambahkan potongan ketang kering atau petai tergantung selera dan disajikan hangat-hangat.

Nah, resep sambal goreng ati bisa dicobai di rumah ya!

Simak Video "Andriyanto, 'Tukang Nasi Goreng' Asal Sragen yang Berjuang di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)